Tips Memilih Hotel Buat Liburan Serumu

Libur telah tiba! Saatnya rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari dan menyegarkan otak dan jiwa. Nah, kalau mau liburan, apa yang kamu pikirkan pertama kali? Tiket pesawat yang sesuai isi tabungan? Hotel? Atau destinasi wisata? Yup, semuanya harus dipikirkan karena semuanya memang penting.

Tiket pesawat diperlukan supaya kamu bisa sampai di tempat liburan idamanmu. Destinasi wisata supaya kamu gak bingung nanti mau berkunjung ke mana saja. Lalu hotel, supaya ada tempat menginap yang nyaman. Bukan di tenda apalagi kamar yang hanya beratap langit. Tapi tahukah kamu kalau memilih hotel buat liburan nggak boleh sembarangan?

Kamu mungkin satu dari banyak orang yang ribet soal hotel. Selalu mengecek harga dulu saat mau pesan hotel. Memangnya nggak boleh tuh? Boleh-boleh aja, kok. Siapa sih yang nggak suka dapat hotel murah dengan kualitas yang bagus? Tapi, tunggu dulu ya! Simak dulu 5 tips memilih hotel terbaik di bawah ini buat liburan serumu. Apa saja kira-kira?

1. Pilih Hotel yang Dekat dengan Tempat Wisata
Kalau kamu mengunjungi satu destinasi, kamu pasti sudah ada bayangan ingin berkunjung ke mana. Nggak mungkin kalau kamu sudah berniat menyewa hotel Bali misalnya, tapi kamu belum tahu sama sekali mau mengunjungi tempat wisata apa.

Nah, biar nggak jadi masalah di belakang, ada baiknya kalau kamu mencari hotel yang dekat dengan tempat wisata pilihanmu. Contohnya, kalau kamu ingin wisata ke Danau Beratan, kamu bisa memilih hotel di Bali di sekitar Bedugul. Selain bikin kamu nggak capek di jalan, menyewa hotel yang dekat dengan lokasi wisata pilihanmu akan bikin uang transport makin hemat. Bisa dipakai buat jajan atau beli oleh-oleh, deh!

2. Perhatikan Tipe dan Kelas Hotel Yang Kamu Sewa
Saat ini, hotel sudah banyak jenisnya. Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat memesan hotel adalah tipe hotel yang kamu sewa. Apakah hotel regular atau hotel syariah. Hotel regular, seperti hotel pada umumnya, memiliki aturan yang longgar untuk diinapi oleh siapa saja. Sedangkan hotel syariah memiliki aturan yang lebih ketat, misalnya untuk pasangan harus memiliki surat nikah dan makanan yang disajikan harus halal.

Selain harus teliti dalam memerhatikan tipe hotel, kamu juga harus memerhatikan kelas hotel yang kamu sewa. Kalau kamu mau hemat bujet, kamu bisa memilih hotel untuk backpacker. Misalnya hostel atau guesthouse. Kalau kamu mau hotel yang lebih eksklusif, kamu bisa menyewa hotel berbintang. Selain bintangnya, kamu juga perlu menentukan kelas kamar yang ingin kamu tempati. Kamu juga bisa memilih kamar bertipe twin atau double bed. Kalau twin bed, kamu akan mendapatkan kamar dengan dua tempat tidur. Kalau double bed, kamu akan mendapatkan kamar dengan satu tempat tidur king size.

Kamar Superior

3. Perhatikan Ketersediaan Fasilitas Hotel
Kamu suka berenang? Kalau ya, tentu kamu bakal hepi banget kalau menginap di hotel dengan kolam renang yang luas. Lain lagi kalau kamu hobinya mencari ketenangan sambil dipijit rileks, kamu pasti lebih suka kalau menginap di hotel yang ada fasilitas massage dan spa. Jadi, sebelum memutuskan untuk memesan hotel, kamu pastinya wajib banget memastikan ketersediaan fasilitas di hotel yang akan kamu tempati.

Cek ketersediaan fasilitas hotel tersebut sampai detail. Mulai dari fasilitas di kamar seperti TV, toiletreis,
ketersediaan air minum atau mini bar (bagi hotel yang menyediakan), fasilitas antar jemput ke bandara, atau lainnya. Satu hal lagi yang penting, jangan lupa untuk mengecek ketersediaan fasilitas parkir untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi. Kalau kamu memesan sewa mobil, kamu nggak usah repot-repot. Misalnya kamu mau ke Bali, kamu tinggal pesan sewa mobil di Bali buat nemenin liburanmu selama di Bali.

4. Pastikan Harga Hotel Sesuai dengan Bujetmu
Sudah susah payah nyari tempat wisata dan hotel yang nyaman, tapi ternyata bujetnya nggak masuk? Wih, perih! Jadi, biar nggak merana di belakang, sebaiknya kamu memilih hotel yang sesuai dengan bujet liburanmu ya! Ke mana pun kamu pergi dan menyewa hotel, bujet untuk akomodasi penginapan ini tetap harus dipikirkan.

Kalau kamu ingin memesan hotel di kota-kota besar, misalnya hotel di Jakarta, hotel di Bogor, hotel di Bandung, hotel di Surabaya, atau lainnya, kamu tentu bakal punya banyak pilihan untuk menentukan hotel yang sesuai dengan kantongmu. Namun, kalau destinasi liburanmu cukup terpencil, mau nggak mau kantongmu yang harus menyesuaikan dengan ketersediaan hotel yang minim di lokasi wisata tersebut. Siap-siap saja ya!

Bunda Bungalow Iboih, Sabang

5. Baca Reviews dari Pengunjung Terdahulu
Ini dia salah satu hal penting yang nggak boleh kamu lewatkan. Yes, baca reviews! Kamu bisa mendapatkan referensi hotel terbaik dari ulasan alias review pengunjung terdahulu. Dari ulasan-ulasan yang dibuat oleh pengunjung terdahulu tentang hotel yang ingin kamu pesan, kamu bisa mendapatkan gambaran apakah pilihan hotelmu telah sesuai dengan kriteria hotel yang kamu inginkan.

Kalau ingin konsultasi lebih lebih, bisa tinggalkan komentar kamu. Jadi, sudah siap pesan hotel buat liburan? Yuk, cari hotel terbaikmu sekarang!

(86)

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.