Jalan-Jalan Keliling Jakarta Gratis dengan Mpok Siti

Bus Mpok Siti

Mau jalan-jalan keliling Jakarta gratis? Bisa! Saya sudah membuktikannya. Caranya, jalan-jalan dengan Bus Wisata City Tour Jakarta atau biasa dipanggil Mpok Siti. Dengan Mpok Siti, kamu bisa berkeliling dan mendatangi objek-objek wisata Kota Jakarta dari pagi hingga malam hari. Biayanya, dijamin gratis.

Sebenarnya, saya tidak sengaja menumpang Bus Wisata City Tour Jakarta ini. Meski sudah cukup lama mendengarnya, tetapi tidak pernah ada niat. Nah, saat saya tinggal di Jakarta dan seorang teman dari Jerman sedang traveling di Jakarta, kami berencana mengunjungi Kota Tua Jakarta.

Awalnya kami mau menumpang bus Trans Jakarta. Dari penginapan di Hotel Kebon Sirih, Jakarta Pusat, kami jalan kaki ke halte Trans Jakarta di depan Sarinah. Pas lagi menunggu bus Trans Jakarta, datanglah Mpok Siti dari arah Monas. Saya mengingat, Mpok Siti baru saja membuka rute ke Kota Tua Jakarta. Kami kemudian memutuskan naik Mpok Siti.

Bus berangkat dari Jalan Juanda, depan Masjid Istiqlal. Nah, bus Mpok Siti yang melewati rute Sarinah bertema Jakarta Modern. Kemudian melalui Monas, Balai Kota, Sarinah. Di halte Sarinah yang bertanda khusus ‘City Tour’ inilah kami naik.

Begitu naik, penumpang diberi tiket bertanda ‘gratis’ dan bebas memilih tempat duduk. Meski dek bawah kosong melompong, kami memilih dek atas. Ternyata nyaris kosong juga. Hanya ada empat remaja perempuan. Dari halte Sarinah, bus menuju Plaza Indonesia dan memutar di Bundara HI.

Dari bus, kami hanya melihat-lihat pemandangan ikon kota Jakarta saja karena bus tidak boleh berhenti di sembarang tempat. Ada halte untuk perhentian khusus. Penumpang bisa turun dan naik bus berikutnya kalau mau mengeskplore kawasan yang diminati.

Saat bus sudah melewati bundara HI, empat remaja tadi tiba-tiba mendekati saya. Rupanya mereka ingin ngobrol-ngobrol dengan teman saya yang dari Jerman. Katanya mereka ingin mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Bus wisata ini kembali ke arah Monas dan melewati Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru, dan berhenti di depan Masjid Istiqlal.

Di tempat keberangkatan ini, ada beberapa bus yang menunggu waktu keberangkatan ke rute lainnya. Jadi, kalau mau melanjutkan keliling Jakarta gratis, ya naik Mpok Siti saja. Rutenya juga semakin banyak sejak tahun lalu. Dari tiga rute menjadi enam rute. Dari Masjid Istiqlal, kami melanjutkan dengan Mpok Siti lainnya ke Kota Tua.

Bus Wisata City Tour Jakarta ini berupa bus tingkat atau double decker. Bus ini akan membawa ke objek wisata sesuai minat. Jadi ada rute-rute tersendiri berdasarkan tema. Temanya, History of Jakarta, Jakarta Modern, Jakarta Art and Culinary, Jakarta Skyscraper, Jakarta Open Space, dan Cagar Budaya.

Meski temanya beda-beda, rutenya hampir sama. Lima rute berawal dari dari Masjid Istiqlal. Hanya Jakarta Open Space yang dimulai dari Balai Kota menuju Kalijodo. Lima rute lainnya, History of Jakarta menuju Museum BI, Jakarta Modern menuju Bundaran HI, Jakarta culinary menuju Kota Tua, Jakarta Skyscraper menuju Bundaran Senayan, dan Cagar Budaya menuju Tanjung Priok.

Jangan lupa naiknya dari Halte bertanda khusus ‘City Tour’ yang sudah ditentukan. Selain dari halte Istiqlal, ada haltenya di BNI 46, Pasar Baru (Gedung Kesenian Jakarta), Juanda (Istiqlal), Monas 1, Monas 2, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia, Sawah Besar, Pecenongan, Harmoni, Sarinah, dan Plaza Indonesia.

Rute dan Jam Operasional Bus Wisata City Tour Jakarta

1. History of Jakarta
Rute History of Jakarta: Halte Juanda, Masjid Istiqlal, Monas 2, IRTI Monas, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia, Kota Tua. Bus wisata gratis ini akan mengajak melihat tempat-tempat bersejarah yang ada di Jakarta, seperti Museum BI, Gedung Arsip, Museum Nasional, Balai Kota, Monumen Nasional, Istiqlal,  Kota Tua Jakarta dan Gedung Kesenian Jakarta.

Jam operasional :
Senin – Sabtu : 10.00 -18.00 WIB
Minggu : 12.00 WIB – 19.00 WIB

2. Jakarta Modern
Rute Jakarta Modern: Halte Juanda, Istiqlal, Monas 1, Monas 2, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Bundaran HI, Menara Topas, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru dan Masjid Istiqlal PP. Naik bus wisata yang satu ini, maka kamu akan diajak keliling melihat Monas, Museum Nasional 1, Museum Nasional 2, Balai Kota, Patung Selamat Datang di Bundara HI, gedung Kesenian Jakarta, dan yang lainnya.

Jam operasional :
Senin – Sabtu : 10.00 WIB – 18.00 WIB
Minggu : 12.00 WIB – 19.00 WIB

3. Jakarta Art and Culinary
Rute Jakarta Ary and Culinary: Halte Juanda, Monas 1, Monas 2, Balai Kota, Sarinah, Bundaran HI, Harmoni, Gedung Arsip, Museum BI, BNI 46, Sawah Besar, Masjid Kebun Jeruk, Pecenongan.

Jam operasional :
Sabtu, jam 18.00 WIB – 23.00 WIB.

 

4. Jakarta Skyscrapers
Rute Jakarta Skyscrapers: Halte Juanda/Istiqlal, Monas 1, Monas 2, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Tosari, Sudirman, GBK (CIMB Niaga), Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno, Duku Atas Tosari, Plaza Indonesia, Sarinah, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru (GKJ). Rute ini membawa kamu melihat gedung-gedung pencakar langit di Indonesia,

Jam operasional :
Senin – Sabtu : 10.00 WIB – 18.00 WIB
Minggu : 12.00 WIB – 19.00 WIB

5. Jakarta Open Space

Rute Jakarta Open Space (Ruang Terbuka): Tosari, Bundaran HI,  Sarinah, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Tosari, RPTRA Kalijodo. Bus ini membawa ke Kalijodo dan menikmati ruang terbuka hijau.

Jam Operasional :
Senin – Jumat : 10.00 WIB – 18.00 WIB
Sabtu : 10.00 WIB- 23.00 WIB
Minggu : 12.00 WIB – 19.00 WIB

6. Cagar Budaya Jakarta
Rute Cagar Budaya Jakarta: Halte Juanda/Istiqlal, Monas 1, Monas 2, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Tosari, Makam Mbah Priuk. Jadi buat kamu yang ingin berkunjung ke Makam Mbah Priuk, bisa memilih rute ini dan naik bus wisata gratis Mpok Siti.

Jam operasional :
Sabtu dan Minggu : 13.00 WIB – 21.00 WIB

Nah, buat kamu yang punya rencana ke Jakarta, jangan lewatkan kesempatan menjajal Mpok Siti untuk keliling Jakarta gratis. Bisa menghemat pengeluaran atau bujet untuk city tour bisa dialihkan buat beli oleh-oleh! Jadi hati senang, kantong pun senang!

Oh ya, kalau kalian ingin traveling dan mau beli tiket bus, bisa nih beli tiket online! Tersedia tiket bus siang maupun bus malam. Gampang belinya dari mana saja dan tidak perlu repot-repot datang ke konter tiket bus. Silakan dicek sendiri ya biar puas!

Baca juga: Bernostalgia di Museum Arsip Nasional

(247)

20 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.