Saung Sunda Sawargi; Menikmati Kelezatan, Alam, dan Keindahan di Satu Tempat

Bangunan berupa saung langsung menarik perhatian ketika berkunjung ke Komplek Golden Prawn Bengkong Laut. Bangunannya yang terbuat dari bambu dan beratap alang-alang memberikan keteduhan dan kenyamanan. Apalagi sekelilingnya air dan pohon-pohon yang rindang. Seolah menyatu dengan alam. Itulah Rumah Makan Saung Sunda Sawargi.

Saung adalah kata dalam bahasa Sunda yang berarti rumah atau gubug kecil. Terbuat dari bambu. Saung-saung ini biasanya terdapat di alam terbuka seperti sawah, kebun, dan di tepian kolam. Nah, suasana seperti ini bisa ditemukan di Saung Sunda Sawargi yang berada di Bengkong Laut. Suasana ini membuat orang yang berkunjung pastinya semakin betah dan larut menikmati santapan.

Suasana Saung Sunda Sawargi.
Suasana Saung Sunda Sawargi.
Saung
Saung (foto:saung sunda sawargi)

Saung Sunda Sawargi menyajikan makanan khas Sunda. Jadi kalau ingin menikmati makanan khas Sunda, Rumah Makan Saung Sunda Sawargi sangat direkomendasikan. Meski berada di Batam, rasa asli Sunda akan membawa seperti berada Tanah Parahyangan. Masakan Sunda memiliki citarasa ringan dan jelas yang berkisar antara gurih manis, asin, asam segar, dan pedas.

Yulia Kartika Sari, pemilik Saung Sunda Sawargi mengatakan ada ratusan menu yang disediakan untuk penggemar masakan Sunda. Pengunjung bisa memilih menu favorit atau mencoba menu lainnya untuk variasi. Tapi kalau menu di Saung Sunda Sawargi ini semuanya layak untuk difavoritkan.

Menu andalan Saung Sunda Sawargi antara lain nasi timbel, ikan gurame goreng, ayam kampung bakar, kakap bakar Jimbaran, karedok, dan tahu Bandung. Menurut Yulia, pengunjung rata-rata memesan menu ini. Terutama ikan gurame goreng. Ikan gurame ini disayat pada bagian tengahnya dan dibuat melebar.

Gurame goreng.
Gurame goreng.

Proses memasaknya tidak lama. Kemudian rasanya yang gurih sebab ikan dalam kondisi segar. Disantap dengan nasi timbel yang dibungkus daun pisang segar, rasanya bisa membuat kalap. Itulah salah satu alasan menu ini jadi favorit.

Nasi Timbel merujuk kepada cara menyajikan makanan dengan membungkus nasi panas di dalam daun pisang. Nasi yang panas menjadikan aroma daun pisang luruh dan menambah aroma pada nasi. Wangi. Kemudian bentuknya hampir sama seperti lontong, panjang dan padat. Hanya saja nasi timbel dibungkus dengan daun pisang.

Nasi timbel ini juga disajikan dengan beberapa lauk berbeda sehingga memberikan pilihan bagi pengunjung. Misalnya nasi timbel gepuk atau nasi timbel ayam goreng. Nasi timbel disajikan dengan daging gepuk yang gurih dan ada rasa manisnya. Gepuknya empuk dan mudah disuwir. Ditambahkan ikan teri asin, tahu, tempe, dan perkedel. Selain gepuknya yang empuk bikin puas, perkedelnya juga memuaskan karena banyak jagungnya.

Nasi timbel komplit.
Nasi timbel komplit.

Lalu karedok, kaya dengan aneka sayuran yang dipotong-potong dan diberi kuah kacang. Menu ini berbeda dengan gado-gado yang juga tersedia di Saung Sunda Sawargi. Kalau karedok, murni sayur-sayuran mentah. Sementara gado-gado, ada sayuran yang direbus dan ditambah lontong atau ketupat dan kentang.

Menu lainnya yang wajib disantap di Saung Sunda Sawargi adalah nasi liwet, ayam kampung bakar dan ikan kakap bakar Jimbaran. Dengan menu-menu pilihan tersebut, santapan di Saung Sunda Sawargi kian berkesan.

Ayam kampung bakar.
Ayam kampung bakar.

Nah, setelah menikmati menu-menu utama tersebut, sebaiknya nikmati makanan penutup berupa sop buah. Ada beberapa yang sangat direkomendasikan. Di antaranya Es Ketuk Tilu yang terdiri dari campuran tiga buah, yakni mangga, sirsak, dan jeruk yang segar. Es Ketuk Tilu disajikan dalam gelas kaca bergagang. Buah-buah isiannya disusun berlapis dan memenuhi gelas.

Atau es prat prut yang merupakan campuran dari apel, anggur, bengkoang, longan dan macam-macam buah lainnya. Seperti Es Ketuk Tilu, isiannya juga berjejal dalam gelas, sehingga puas menyantapnya. Bahkan bisa mengenyangkan.

Ada juga es sasusa yang merupakan minuman signature restoran ini Sasusa adalah sejenis minuman yang biasanya kita kenal dengan nama es campur. Isiannya banyak. “Sasusa adalah singkatan dari Saung Sunda Sawargi,” kata Teh Lia kepadaku.

Es prat prut dan Es sasusa.
Es prat prut dan Es sasusa.

Oh ya, Saung Sunda Sawargi punya paket promo I Love Monday sampai 31 Desember. Diskonnya berlaku hari Senin dan khusus makanan saja sebesar 30 persen. Promo ini berlaku di semua Rumah Makan Saung Sunda Sawargi, baik yang di Bengkong maupun Saung Sunda Sawargi Batam Center. Bakan juga Bandoeng Resto. Nah kalau kamu ingin bersantap atau membuat acara di Saung Sunda Sawargi bisa menghubungi 0778-465544.*

Saung Sunda Sawargi Batam Center.
Saung Sunda Sawargi Batam Center.
Nasi liwet.
Nasi liwet.

(599)

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.