Oleh-Oleh Batam, Ya Kek Pisang Villa!

Kek pisang villa rasa kurma

Jalan-jalan ke Batam atau mudik rasanya tak afdol kalau tak membawa pulang buah tangan. Pastinya oleh-oleh yang dibawa khas Batam supaya semakin lengkap jalan-jalannya. Nah bicara oleh-oleh yang khas di Batam, salah satunya yang paling banyak dicari dan ditenteng wisatawan atau pemudik adalah Villa Kek Pisang. Katanya, kamu tak dianggap ke Batam kalau tak membawa pulang kue yang terbuat dari pisang ini.

Selama ini, saya juga sering membawa pulang Villa Kek Pisang. Menikmatinya bersama keluarga dan teman-teman. Tetapi belum pernah melihat langsung pembuatan kek pisang. Nah awal pekan ini, kami para blogger diajak melihat proses pembuatannya. Bukan di outlet atau acara demo masak lho, tapi langsung di ‘pabrik’ Villa Kek Pisang. Letaknya di Citra Buana Industrial Park III Lot.38 Batam Center.

Tayangan sejarah Kek Pisang Villa.

Pukul 09.30 wib, kami sudah berkumpul semua dan masuk ke ruang presentasi. Ruangannya seperti ruang kuliah. Koordinator Area Villa Kek Pisang, Fauzan Afrianto mengawali dengan cerita tentang kek pisang villa. Lalu dilanjutkan dengan tayangan video sejarah berdirinya kek pisang villa. Videonya sangat menginspirasi. Sambil menyaksikan tayangan itu, kami juga menikmati kek pisang rasa kurma. Rasanya manis-manis legit. Varian kek pisang rasa kurma ini baru diluncurkan menjelang bulan suci Ramadan. Varian ini bukan baru sebenarnya. Setiap Ramadan, Villa Kek Pisang meluncurkan varian ini.

Usai menyaksikan tayangan video sejarah Kek Pisang Villa, barulah kami diajak keliling pabrik untuk melihat pembuatan kek pisang. Untuk menjaga hegenitas, kami dan setiap pengunjung harus mengenakan penutup kepala. Bahkan alas kaki pun harus ditutup. Lalu harus melewati ruang sterilisasi. Setelah melewati sterilisasi, pengunjung tak sampai masuk ke dalam ruang produksi, tetapi hanya melihat dari balik kaca. Jangan khawatir, kacanya itu transparan. Kami tetap bisa melihat dari dekat, bahan kue tak tercemar oleh kami-kami yang suka ‘usil’. Jadi yakin deh seribu persen, kek pisang ini bebas dari bakteri dan aman dikonsumsi.

Proses pembuatan kek pisang villa.
Memasukkan adonan ke loyang.

Kami pun mulai menelusuri lorong-lorong dan melihat karyawan yang membuat adonan, memasukkan adonan ke cetakan, memberikan topping, dan melakukan pemanggangan. Bahan utama kek pisang ini pastinya dari pisang jenis barangan. Jenis ini dipilih karena kadar airnya rendah dan teksturnya lebih kering. Pisang itu dikukus lebih dulu untuk menghilangkan bakterinya. Bahan lainnya, telur dengan dominan kuningnya. Di sebelahnya ruang produksi, ada ruang pengembangan. Di sini, mereka bertugas mencari dan menciptakan kreasi baru kue-kue Kek Pisang Villa. Beberapa teman yang usil menyapa mereka, tapi ternyata tak terdengar. Jadi mereka tetap fokus berkreasi.

Belok sedikit, masuklah kami ke ruang pengemasan. Ada banyak tumpukan kotak kemasan dan kue yang siap yang dimasukkan ke kotak. Kue-kue itu dikemas ke dalam kotak sesuai varian rasa. Villa Kek Pisang ini punya banyak varian rasa. Setidaknya ada sepuluh. Banyak banget khan? Jadi bisa memilih sesuai selera. Varian rasanya itu ada original, pandan cheese, blueberry, choconut, blackforest, buah naga, durian, marble, dan rasa kurma. Selain varian rasa kurma, varian rasanya lainnya itu tersedia setiap hari. Salah satu varian rasa yang favorit itu pandan cheese.

Bagian pengembangan
Pengemasan kek pisang villa.
Kek Pisang Villa berbagai rasa.

Kue pisang yang sudah dikemas tadi lalu dikirim ke outlet-outlet Villa Kek Pisang. Outlet utamanya ada di pabrik yang kami kunjungi. Kami pun menyelesaikan kunjungan di outlet ini sambil berfoto-foto. Sementara outlet Villa Kek Pisang lainnya tersebar di berbagai tempat yang strategis. Di antaranya di Pelabuhan Batam Center, Bandara Internasional Hang Nadim, outlet Batuaji, outlet Nagoya, outlet Batam Center, Tiban, Botania, Seipanas, dan Tanjungpinang. Jadi di mana pun kamu berada tetap bisa menemukan Kek Pisang Villa sebelum meninggalkan Batam. Harganya, mulai Rp45 ribu sampai Rp 65 ribu. Tergantung varian rasa.

Nah bagi kamu yang ingin mendapatkan kejutan promo dan menikmati Kek Pisang Villa, siap-siap pantengin facebook dan instagram. Ada kejutan promo bagi orang Batam. Tak hanya itu, selama Ramadan ini Villa Kek Pisang juga bagi-bagi takjil gratis di Simpang Kabil dan Simpang Gelael. Lalu kalau pulang kampung nanti jangan lupa bawa pulang Kek Pisang Villa ya!

Kek pisang villa
Terima kasih sudah berkunjung!

(241)

20 Komentar

    • Kurang tau juga. Karena itu di bagian pengembangan produk. Mungkin untuk produk Villa Corp di luar Batam.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*