Jalan-Jalan di Batam, Cobain Mie Masak Itam!

Jalan-jalan di Batam dan dibalut wisata kuliner, tentunya perpaduan yang ciamik. Soalnya, tidak lengkap kalau sudah di Batam tetapi tidak mencicipi masakan melayu. Selain seafood-nya yang terkenal, banyak masakan melayu lainnya yang layak dicoba. Mulai masakan tradisional seperti ikan asem pedas, sampai masakan kekinian.

Jelajah rasa, sangat mudah di Batam karena banyak restoran yang menyediakan masakan melayu. Salah satunya di Mie Masak Itam Khas Batam. Lokasinya di Komplek Ruko Khazanah Plaza Blok RE Nomor 5, Baloi. Tepat di deretan Kampong Kuliner. Menu utamanya, ya mie masak itam. Berbeda dengan masakan melayu pada umumnya. Unik.

Masakan melayu punya ciri khas. Ciri utamanya adalah penggunaan rempah-rempah yang cukup banyak. Santan juga penting dalam memberikan hidangan melayu yang kaya akan rasa dan karakter kental dari hidangan mereka. Tetapi Mie Masak Itam ini sudah kekinian. Meski akarnya dari masakan melayu.

Mie masak itam terinspirasi dari masakan sotong masak itam. Kalau menu ini sudah terkenal di Batam. Bahkan salah satu masakan ikonik masyarakat Melayu di kepulauan. Hanya ada di Kepulauan Riau. Sebab, dulu mayoritas masyarakat kepulauan, termasuk di Batam, bekerja sebagai nelayan. Jadi masakan khasnya ya berbahan dasar dari laut. Kesimpulanya, mie masak hitam adalah perpaduan mie dan sotong masak itam.

Pekan lalu Mie Masak Itam Khas Batam ini baru saja grand opening. Kami pun diundang untuk mencicipinya. Di meja panjang, tersaji mie berwarna hitam dengan topping sotong goreng tepung. Ada dua porsi dengan harga yang berbeda. Mie masak hitam biasa Rp 18 ribu perporsi. Sementara mie masak hitam dengan seafood harganya Rp 25 ribu.

Pada suapan pertama, terasa unik karena tidak biasa menikmati mie dengan kuah tinta sotong. Jangan khawatir bakal eneg. Karena mie masak itam disajikan dengan kuah yang sudah kering. Kenikmatan dan sensasi menyantap mie masak itam ada pada caranya. Mie masak itam ini diberi irisan bawang putih. Nah, santaplah mie bersama bawang putih itu.

Muhammad Fadjrin mewakili manajemen Mie Masak Itam Khas Batam mengatakan mereka ingin mengenalkan masakan khas melayu kepada masyarakat Batam yang multietnis melalui mie masak itam. Harapannya mie masak itam menjadi kebanggan warga Batam, khususnya orang Melayu.

Mie Masak Itam khas Batam ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda di Batam, karena itulah selain mie masak hitam, ada juga kue-kue kampung seperti roti jala kari ayam, talam ubi, risoles, dan lemper. Kata Niniarti Juanidah, tim marketing Mie Masak Itam Khas Batam, mereka juga bekerja sama denga Kampung Kuliner. Jadi banyak menu lainnya yang bisa dipilih.***

Baca juga: Spot Instagramable di Harris Resort Barelang

(131)

33 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.