Best Islands in the World Ada di Indonesia

Pantai ini tersembunyi di balik hutan jadi disukai bule.

Travel+Leisure baru saja merilis 15 Pulau Terbaik di Dunia dalam artikel berjudul The 15 Best Islands in the World. Ketika membacanya, saya sungguh gembira. Bagaimana tidak, 3 dari 15 pulau itu berada di Indonesia. Dan lebih membanggakan lagi 3 pulau di Indonesia secara berurutan menempati posisi tiga besar.

Top 3 The 15 Best Islands in the World menurut pembaca Travel+Leisure itu memang sudah terkenal. Dua di antaranya sudah beberapa kali masuk ajang-ajang terbaik itu. Mau tahu pulau-pulau dari Indonesia itu? Nomor 3 itu Lombok. Nomor 2 Bali. Nomor 1, Pulau Jawa. Artikel aslinya bisa dibaca di Travel+Leisure.

Pulau Jawa ini benar-benar mengagetkan karena tidak pernah masuk ajang sejenis. Ketika masuk jajaran The 15 Best Islands in the World itu, Pulau Jawa langsung menyodok ke posisi satu. Menghempaskan Pulau Palawan milik Filipina yang pernah meraih predikat terbaik pada tahun 2017 dan 2013. Bangga banget kan?

Nah di antara pulau-pulau terbaik di dunia itu, beberapa sudah saya kunjungi. Jadi ketika membaca artikel Travel+Leisure ini saya tertarik untuk mengulas kembali pulau terbaik itu. Pulau Jawa, pastinya rata-rata sudah pernah mengunjungi. Pulau Jawa luas kan ya! Entah pernah ke Jakarta, Bandung, Yogyakarta, atau Surabaya, itu sudah dianggap pernah ke Pulau Jawa.

Saya sendiri sudah berkali-kali. Paling sering ke Jakarta dan Bandung. Kota lainnya di Jawa yang pernah saya kunjungi, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Tiga kota terakhir ini, saya kunjungi saat traveling belum mewabah di Indonesia.

Saat Facebook belum sepopuler sekarang. Saat Instagram belum lahir. Ketika handphone belum dilengkapi kamera. Sebelum punya kamera. Jangankan kamera digital, kameran pocket pun belum punya. Jadi menumpang foto sama teman yang membawa kamera. Maklum saat itu masih miskin. Tapi sudah bisa jalan-jalan lho!

Pulau Jawa

Tidak heran kalau Pulau Jawa masuk The 15 Best Islands in the World karena memang memiliki segalanya. Keindahan alam yang beragam, budaya yang unik, akses yang baik, dan akomodasi yang lengkap. Kalau menurut Travel+Leisure, di Pulau Jawa, selain bisa bertualang di alam, traveler bisa juga menikmati gaya hidup modern.

Memang sangat banyak yang bisa dikunjungi di Pulau Jawa. Waktu satu bulan rasanya tidak cukup. Di sana ada Candi Borobudur yang masuk UNESCO World Heritage, Gunung Bromo yang eksotik, Malioboro, Gunung Tangkuban Parahu, Kawah Putih Ciwidey, Kota Tua Jakarta, hingga Pantai Anyer.

Untungnya jalan-jalan dari ujung timur hingga ke ujung barat Pulau Jawa semuanya mudah. Hampir semua tempat menarik bisa didatangi tanpa banyak hambatan. Moda tranportasi bisa dipilih, naik pesawat tentu saja bisa karena semua kota besar punya bandara, mau pakai kereta ada, bus banyak, sewa mobil ada, mau sewa motor bisa.

Bali
Bali adalah destinasi wisata nomor satu di Indonesia, jadi tak salah jika banyak yang memimpikan untuk liburan ke sana. Begitu juga dengan saya yang bertahun-tahun memimpikan liburan ke Pulau Dewata ini. Di Bali, saya mengunjungi kawasan Legian, Pantai Kuta, Padang Bai, dan Pasar Seni Sukawati.

Padang Bai sangat terkenal dengan pantai pasir putihnya, lingkungan alam sekitarnya yang indah, serta panorama bawah lautnya yang indah. Di samping juga kehidupan para nelayan dengan segala dinamikanya, menjadi nilai plus penarik banyak wisatawan.

Ada Pantai Padang Kurungan, salah satu pantai yang indah yang terkenal karena keindahan bawah lautnya yang didominasi oleh ikan hias berwarna-warni dan soft coral. Kemudian keberadaan laguna biru di tengah pantainya yang indah sehingga pantai ini sering juga disebut Pantai Blue Lagoon. Di Blue Lagoon, bule-bule menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling.

Baca juga: Kuta, Blue Lagoon, dan Sukawati yang Menggoda Mata

Sayangnya ketika sudah di Bali, saya tidak melanjutkan perjalanan ke Lombok. Padahal saya sudah di Padang Bai yang menjadi pelabuhan menuju Gili Trawangan dan Lombok. Cuti saya terbatas jadi belum kesampaian traveling hingga ke Lombok. Mudah-mudahan tahun ini impian ke Lombok terwujud tahun ini. Jadi lengkap ke 3 Best Islands in the World.

Cebu
Selain pulau-pulau di Indonesia, pulau terbaik lainnya versi pembaca Travel+Leisure yang pernah saya kunjungi adalah Cebu, Filipina. Pulau Cebu itu masuk Provinsi Cebu di Central Visayas Region. Cebu City adalah ibukotanya. Kota terbesar kedua setelah Manila, Ibukota Filipina. Sekitar satu jam penerbangan dari Manila.

Kalau diibaratkan Manila adalah raja di Filipina, maka Cebu adalah ratunya. Ratu dari Selatan atau Queen of South. Itulah julukan Cebu. Ratu cantik yang menggoda mata para penikmat wisata. Seperti Pulau Jawa yang bentuknya memanjang, Pulau Cebu juga bisa dijelajahi dari ujung utara ke ujung selatan.

Tetapi Cebu tidak bisa dimulai dari ujung utara atau ujung selatan kalau menggunakan penerbangan karena bandara ada di Cebu City. Posisinya di tengah-tengah pulau. Jadi harus memilih ke utara dulu kemudian kembali ke Cebu City. Lalu melanjutkan perjalanan ke selatan. Saya sih baru mengunjungi bagian selatan.

Baru sepotong saja sudah banyak yang bisa dinikmati. Mulai air terjun yang airnya berwarna hijau toska di Moalboal, Pantai Moalboal yang berpasir putih, hingga berenang dengan ikan terbesar di dunia, Whale Shark. Perjalanan saya di Cebu sudah saya ceritakan sampai berseri. Kalau mau membaca ulasannya lebih lengkap bisa di link di bawah.

Traveling di Cebu, Ratu dari Selatan Filipina (Part 1)

Traveling di Cebu City, Kota yang Bersahaja (Part 2)

Berenang dengan Hiu Paus di Oslob

(131)

27 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.