Pelangi di Taman Bunga Nusantara Cianjur

Taman Bunga Nasional. Lihat tuh bungan warna-warni menghampar sejauh mata memandang.

Tak salah jika Cianjur disebut sebagai Kota Bunga. Selain halaman rumah atau penginapan yang dihiasi bunga, di sinilah berada Taman Bunga Nasional yang diresmikan oleh Tien Soeharto pada 10 September 1995. Di taman ini disimpan berbagai tipe bunga dan tanaman terutama anggrek. Diperkirakan ada sekitar 2.000 jenis anggrek yang dirawat di tempat ini.

Taman Bunga Nusantara adalah taman bunga seluas 35 hektar yang terletak di dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor. Tepatnya di Desa Kawung-luwuk Kecamatan Sukaresmi Cipanas-Cianjur. Untuk menuju ke TBN, waktu yang bisa ditempuh dari Jakarta lebih kurang 2-3 jam. Melalui jalan raya puncak, sampai melewati puncak pass, dan belok kiri ke arah Perumahan Kota Bunga. Dari persimpangan ini jaraknya hanya 9 kilometer.

Untuk masuk, pengunjung harus membayar Rp20 ribu. Saat memasuki pintu utama kita langsung disuguhi keindahan tanaman bunga yang dibentuk menyerupai burung merak. Pada ekornya disusun berbagai jenis tanaman bunga beraneka warna, burung merak ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dilihat. Tidak jauh dari burung merak terdapat jam raksasa yang disusun pula dari berbagai jenis tanaman bunga. Jangan dikira jam raksasa ini hanya pajangan belaka ternyata jam ini bergerak dan berdentang setiap jam.

Taman display pertama di Indonesia ini dilengkapi dengan berbagai koleksi tanaman bunga yang terkenal dan unik di seluruh dunia. Hamparan bunga yang warna-warni bak pelangi. Selain menyegarkan mata, kita juga akan mendapatkan banyak wawasan baru mengenai bunga.

 

Bunga-bunga di mana-mana. Cocok buat yang romantis.
Bunga-bunga di mana-mana. Cocok buat yang romantis.

Di belakang burung merak dari bunga dan jam bunga, ada beberapa taman dengan tipikalnya masing-masing. Ada taman air, taman mawar, taman Perancis, taman rahasia (labirynth), taman Bali, taman mediterania, taman palem, dan taman gaya Jepang, rumah kaca, dan danau angsa.

Terdapat juga fasilitas hiburan untuk anak-anak berupa minicar, restaurant dan juga permainan ketangkasan. Kemudian rafflesia mini theater, gazebo, alam imajinasi, lokasi piknik, amphitheater (panggung terapung) kereta datto, mobil wira-wiri, menara pandang, poliklinik, dan nany’s galleria. Jadi TBN sangat cocok untuk tujuan rekreasi keluarga.

Selain sebagai sarana rekreasi TBN juga dipakai sebagai kebun percobaan dengan berbagai jenis bunga dan tanaman tertentu yang berasal dari daerah subtropis dan negara-negara beriklim dingin di Eropa, Amerika, dan Australia.

Setelah puas menikmati pesona bunga dari berbagai negara, jangan lupa beli buah tangan untuk keluarga atau teman. Di luar taman ini, penjual souvenir dan cemilan khas Cianjur menawarkan dagangannya.***

 

 

(47)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*