Tiket Bus Online: Nyaman Bepergian Menggunakan Bus Malam

Kalian pasti sudah sering mendengar orang menyebut bus malam. Sebenarnya bus malam hanya sekadar istilah yang banyak dipakai orang karena bus jenis ini biasa berangkat di malam hari. Padahal tidak ada yang membedakan dengan bus di siang hari. Cara membeli tiketnya pun sama, Anda bisa membeli tiket bus online  melalui penyedia tiket online.

Di beberapa daerah bus malam menjadi favorit karena nyaman dan cepat. Di daerah Aceh misalnya, terdapat bus malam yang berkelas dan terkesan mewah dengan fasilitas yang lengkap termasuk Wi-fi. Memang di beberapa daerah bus malam menjadi transportasi andalan untuk bepergian, khususnya untuk jarak jauh.

Bus Malam Eksekutif
Bus malam ini berbeda dengan bus kota atau bus antar kota antar provinsi (AKAP), yang membedakan adalah armada yang digunakan terbaru dengan tipe eksekutif. Setara dengan bus pariwisata atau patas. Kursi yang digunakan juga empuk dan bisa diselonjorkan dengan konfigurasi kursi 2–2, sudah full dengan AC, entertainment (VCD Player dan LCD Monitor) dan ada pula yang memberikan servis makan malam gratis (tidak semua bus).

Biasanya sebelum naik, penumpang akan membeli tiket dan menunggu di agen resmi atau di terminal. Jumlah penumpang juga sesuai dengan tiketnya, jadi Anda tidak perlu berdesak-desakan seperti ketika menaiki bus ekonomi. Sebelum berangkat ini dia beberapa tips untuk Anda yang ingin bepergian menggunakan bus malam agar bisa tetap nyaman dan aman:

1. Beli tiket jauh-jauh hari
Berbeda dengan menaiki bus yang membayar setelah naik, bus malam mengharuskan Anda untuk membeli tiket sebelumnya. Anda bisa membeli minimal tiga hari sebelum keberangkatan agar tidak kehabisan tiket, terutama ketika akhir pekan.

Semakin cepat, semakin baik, apalagi jika telah datang musim liburan semester, biasanya harus membeli lebih awal seminggu. Jika ingin membeli tiket untuk liburan misalnya, Anda bisa memesan sebulan sebelum hari H. Tiket bisa Anda beli di agen resmi, atau juga bisa melalui jasa penjualan tiket bus online.

2. Datang tepat waktu
Bus malam mempunyai target waktu pemberangkat dan waktu tiba di kota tujuan. Jadi lebih baik datang sebelum jam kumpul penumpang atau maksimal ketika jam keberangkatan. Jam kumpul penumpang ini biasanya 30 menit sebelum jam pemberangkatan. Jika telat setengah jam lebih, kemungkinan Anda akan ditinggal.

3. Pisahkan barang bawaan berharga
Bus malam juga menyediakan bagasi untuk penumpangnya. Jika Anda membawa banyak barang, usahakan untuk memisahkan barang berharga tersebut ke dalam tas lainnya dan dibawa naik ke dalam bus. Ini agar barang berharga bisa lebih aman karena berada dalam jangkauan Anda.

4. Membawa air minum dan snack
Walaupun mayoritas bus malam menyediakan servis makan, lebih baik Anda membawa makanan, minimal air minum. Karena waktu makan malam biasanya 2 hingga 3 jam setelah bus berangkat, tentu menunggu waktu tersebut juga bisa membuat Anda kelaparan.

Bus malam ada juga yang menyediakan air minum dan snack dengan gratis. Hal yang paling penting, jangan membawa makanan dengan aroma yang sangat tajam karena dapat mengganggu penumpang lainnya.

5. Jangan membuang tiket setelah naik bus
Jika Anda sudah menaiki bus, tetap simpan tiket hingga di rumah makan, karena akan ditukarkan sebagai kupon servis makan di rumah makan.

Itu dia beberapa tips untuk berkendara dengan bus malam. Semoga bisa membantu Anda yang masih penasaran atau belum begitu mengetahui transportasi ini. Nah, jika Anda ingin bepergian dengan menggunakan bus. Tidak perlu repot membeli tiket di terminal atau di agen bus, karena saat ini Anda bisa membeli tiket bus online di Bukalapak.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka situs dari Bukalapak atau bisa melalui aplikasinya, lalu pilih bus dan tanggal keberangkatan, serta tujuan keberangkatan, lalu lakukan pembayaran, maka tiket sudah berada di tangan Anda. Selesai. Membeli tiket bisa semakin cepat dan mudah dilakukan.***

(73)

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.