[Liburan Seru di Batam] Mengunjungi Air Terjun Pancur

(foto:detaksumut)

Banyak wisatawan yang mengenal kota Batam sebagai kota belanja saja. Bahkan sebagian dari mereka hanya menjadikan Batam sebagai tempat singgah sebelum menyeberang ke Singapura.

Padahal Batam memiliki beberapa tempat wisata alam yang menarik. Selain pantai yang berpasir putih dan pulau-pulau kecil, ada juga air terjun. Namanya Air Terjun Pancur. Jika sempat mampir ke kota ini, jangan hanya berbelanja atau mengunjungi pantainya saja. Objek wisata yang satu ini juga akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Lokasi Air Terjun Pancur
Jika Anda bukan warga lokal, mungkin tidak familiar dengan objek wisata ini. Bahkan orang Batam pun belum tentu tahu. Sebabnya Air Terjun Pancur berada di lokasi yang tersembunyi, yakni di balik hutan lindung. Jadi yang tak punya jiwa petualang tak akan pernah tahu atau datang ke air terjun ini.

Tempatnya berada di belakang Batamindo Industrial Park, kawasan Simpang Dam, Mukakuning. Air terjun yang satu ini diapit oleh dua lokasi yakni Mukakuning dan Tiban.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa memulai perjalanan dari Simpang Dam lalu masuk ke Kampung Aceh. Jalannya di samping Batamindo Industrial Park. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki melewati Kampung Selayang dan melalui hutan.

Rute lainnya, bisa dari Tiban. Namun jalur ini lebih jauh dan lebih sulit dibanding jalur dari Mukakuning. Makanya lebih banyak yang memilih masuk melalui Mukakuning. Begitu pula saya bersama dua teman perempuan. Perjalanan kurang lebih selama satu jam. Meski begitu tak terasa sudah sampai di kawasan Air Terjun.

Air terjun (foto:jalankemanagitu)

Keindahan Air Terjun Pancur

Dari jauh, suara gemerisik air sudah terdengar. Seolah memanggil untuk segera mendekat. Ketika kami berkunjung ke air terjun ini, langkah semakin dipercepat karena ingin segera melihatnya. Air Terjun Pancur atau juga sering disebut sebagai Air Terjun Mukakuning oleh warga setempat memiliki dua tingkat.

Tingkat bawah memiliki ketinggian sekitar tiga meter, sedangkan tingkat atasnya memiliki ketinggian sekitar lima meter. Namun biasanya pengunjung cukup puas menikmati tingkat bawah air terjun saja, karena untuk menuju tingkat atas harus memanjat tebing terlebih dahulu.

Airnya jernih dan segar. Wisatawan yang datang kerap memanfaatkan telaga air terjun untuk berenang dan mandi. Telaga itu dikenal dengan nama Telaga Bidadari. Tak hanya itu, mereka yang ingin uji nyali juga terkadang memberanikan diri untuk menuju tingkat atas air terjun. Jika ingin suasana yang seru, Anda bisa melompat dari bagian bawah menuju telaga yang menyegarkan. Tidak terlalu tinggi, kok.

Selain bermain air, pengunjung juga bisa mendirikan tenda dan berkemah di sekitar lokasi air terjun. Banyak juga warga lokal dan anak-anak muda yang datang ke lokasi untuk piknik dan bercengkerama di sana. Maklum saja, kawasannya yang masih berupa hutan membuat suasana di sekitar Air Terjun Pancur masih asri dan sejuk. Dikelilingi oleh tebing-tebing batu dan pohon-pohon yang rindang, Anda mungkin tidak percaya bahwa tempat wisata alam yang satu ini ada di Batam.

Mencari Hotel Murah di Batam

Jika ingin mengunjungi Air Terjun Pancur, Anda harus mencari hotel atau penginapan di area perkotaan. Pasalnya, wilayah air terjun yang berada di tengah hutan tidak memiliki hotel di sekitarnya. Namun jangan khawatir karena ada banyak hotel murah di Batam yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Salah satu pilihan akomodasi terbaik di Batam adalah Airy Rooms. Dengan jaringan hotel dan guesthouse terbesar di seluruh Indonesia dan jumlah properti hotel terbanyak, wisatawan tak perlu bingung untuk memilih hotel mana yang akan disinggahi.

Komplimen dari Airyrooms

Beragam fasilitas pun disediakan untuk menunjang kualitas istirahat malam yang nyaman. Di masing-masing kamar, Anda akan menemukan tempat tidur yang bersih, AC, TV layar datar, kamar mandi pribadi dengan shower air hangat dan perlengkapan mandi, air minum, serta koneksi Wi-Fi gratis.

Bagaimana cara pemesanannya? Pengunjung cukup melakukan reservasi melalui aplikasi yang bisa diakses dari Android Apps dan iOS Apps, atau melalui website. Selain lebih menghemat waktu, cara ini juga lebih praktis.

Para tamu yang tidak membawa uang kontan bisa melakukan pembayaran melalui bank transfer, kartu kredit, bahkan di gerai-gerai Indomaret terdekat. Dengan berbagai kemudahan tersebut, Airy Rooms adalah pilihan terbaik untuk menginap.***

(883)

6 Komentar

  1. Aku kalau ke Batam entah mengapa selalu bingung pengen minta diajak ke mana. Kulineran doang sih selama ini. Kalau ternyata ada air terjun pancur begini, boleh dicoba pas lagi di sana menemani papa dinas

    • Banyak lho tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Batam sebenarnya. Selain kulineran, bisa juga snorkeling. Agak jauh sih memang dari pusat kota.

      • Iya, aku pernah beberapa kali mengajak kawanku di sana ke pantai yang sempat dijadikan lokasi syuting MTMA. tapi pada engga tahu jalan dan letak persisnya. Kusedih 🙁

        • Waahhh! kalo ke Batam lagi kabarain aja atau kalo butuh informasi, teman-teman blogger kepri pasti mau bantu 🙂

    • Saya juga udah lama dengar tentang tempat ini. Tapi baru-baru ini aja bisa ke sana dan ketagihan 🙂
      Kalo sepedaan jalurnya dari Tiban. Katanya jauh!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*