Batam Olehlo, Oleh-Oleh Zaman Now ala Oki Setiana Dewi

Jalan-jalan ke Batam rasanya tak lengkap kalau tak membawa pulang oleh-oleh. Nah, di Batam sangat beragam pilihan oleh-oleh yang bisa dibeli. Terutama kue-kue khas yang banyak muncul belakangan ini. Salah satunya adalah Batam Olehlo yang disebut sebagai oleh-oleh zaman now. Batam Olehlo ini besutan aktris Oki Setiana Dewi yang populer setelah bermain film Ketika Cinta Bertasbih.

Batam Olehlo baru saja dibuka akhir pekan lalu. Gerainya berlokasi di Kompleks Ruko Tunas Bizpark Blok B No. 23A, Tunas Industrial Park, Batam Center. Oki hadir langsung meresmikan gerai Batam Olehlo. Kata OKi ‘Batam Olehlo’ bermakna ‘oleh- oleh’, ‘oleh-oleh untuk kamu’.

Lalu apa sih kue Batam Olehlo dan kelebihannya? Batam Olehlo dasarnya berbeda dari kue oleh-oleh sebelumnya yang sudah ada.  Biasanya, kue oleh-oleh berupa kue bolu dengan beragam varian rasa. Nah, kue Batam Olehlo dasarnya kue pie dengan lima pilihan rasa. Ada Lo Chocolate, Lo Avocado, Lo Strowberry, Lo Tiramisu, Lo Banana Caramel. Pokoknya, nama varian rasa dimulai dengan kata Lo.

 

Menurut Usi Kinanti, pengelola Batam Olehlo, kue dengan dasar pie itu kemudian diberi sponge cake cokelat di tengahnya dan di atasnya vla rasa buah. Rasa vla buah ini tergantung nama variannya. Misalnya Lo Avocado, maka vla-nya adalah buah avocado.

Bentuk kuenya bundar. Jadi baiknya dipotong-potong dulu sebelum dinikmati. Ketika kue ini sudah dipotong potong, akan terlihat susunannya yang terdiri dari tiga lapis. Tampilannya menarik. Apalagi dihiasi topping yang hampir senada atau kontras dengan vla.

Kami diberi kesempatan mencoba beberapa varian Batam Olehlo saat grand opening lalu. Saya mencoba rasa strawberry dan avocado. Kulit pie yang kering, kontras dengan sponge cake yang empuk dan vla yang lembut. Rasanya saling melengkapi. Lo Avocado yang saya coba, rasa buah avocadonya benar-benar terasa.

Kue ini enak dimakan dalam keadaan hangat suhu ruang maupun dalam keadaan dingin. Rasanya akan lebih nikmat kalau lebih dulu disimpan dalam kulkas sampai benar-benar dingin, lalu dikudap. Nikmatnya bisa seperti makan es krim. Kue ini bisa bertahan selama tiga hari jika berada di suhu ruang. Tetapi kalau disimpan di kulkas, bisa tahan tujuh hari. Makin lama di kulkas makin enak. Tapi jangan lewat tujuh hari.

Batam Olehlo dijual dengan harga relatif murah. Satu kotak dijual antara Rp 55 ribu – Rp 57 ribu. Kue ini bisa untuk acara ulang tahun. Bahkan untuk semua perayaan. Jadi kalau ada keluarga, teman, atau pacar yang ulang tahun di kampung bisa dibawakan sebagai kado.

Persembahan Oki Untuk Kampung Halamannya

Oki Setiana Dewi lahir dan tumbuh di Batam sampai usia 16 tahun. Ia pindah ke Jakarta setelah lulus SMA karena melanjutkan kuliah. Bahkan hingga ia menjadi aktris dan ustazah. Namun begitu besar kenangan Batam dalam diri Oki. Tiap sudut kota punya cerita baginya. Karena kenangan itulah Oki terpikir untuk membuka gerai oleh-oleh di Batam. Oki juga ingin mengangkat pariwisata Kota Batam yang terus bertumbuh dari tahun ke tahun.

Saat grand opening Batam Olehlo, Walikota Batam Rudi dan Kepala Dinas Pariwisata Batam Febrialin hadir. Bahkan guru Oki saat sekolah di SMP 3 Batam dam SMA 1 Batam. Gerai Batam Olehlo ramai. Warga Batam sangat antusias ingin melihat Oki dan mencicipi kue Batam Olehlo pertama kali. Kalau ingin menikmatinya juga, datang saja ke gerai Batam Olehlo!

Gerai Batam Olehlo

(1379)

32 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.