[Fun Cooking di Swiss-Inn Batam] Membuat Pizza yang Simpel

Membuat pizza itu ternyata tidak rumit. Hasilnya bisa nikmat. Asalkan bahan yang digunakan berkualitas dan segar. Kesimpulan ini muncul setelah mengikuti fun cooking membuat pizza di Swiss-Inn Batam, Kamis lalu.

Sore-sore setelah bekerja, kami berkumpul di La Pizza Autentico. Ini adalah restauran khusus untuk pizza di Swiss-Inn Batam. Jemi Wenno, Chef Swiss-Inn Batam yang langsung demo dan mengajari. Rasanya excited karena pertama kalinya melihat pembuatan pizza. Padahal sudah sering menikmatinya.

Pizza yang dibuat ini bukan jenis pizza yang biasa kita lihat di cafe siap saji. Tetapi pizza yang asli seperti dari negara asalnya Italia. Pizza dengan kulit roti yang tipis. Jadi makin bertambahlah rasa excited itu.

 

Di meja, tersedia bahan-bahan untuk membuat pizza. Untuk dough (kulit roti pizza) bahan-bahanya hanya tepung terigu, ragi, garam, gula pasir, minyak zaitun, dan air hangat. Itu saja. Simpel dan mudah mendapatkannya. Chef Jemi lalu memulai membuat adonan roti pizza dengan mencampur semua bahan itu.

Baru saja dimulai, teman-teman yang juga excited, langsung menyerbu. Mendekat ke meja chef. Jadilah kami yang tadinya duduk di belakang kesulitan melihat aksi chef. Karena pandangan terhalang, semuanya mendekati chef. Sambil menguleni adonan, chef memberikan tips membuat kulit pizza ini.

Katanya adonan harus diuleni hingga kalis. Nah, adonan yang sudah kalis dibentuk bulat-bulat. Lalu dibungkus dengan plastik. Didiamkan kurang lebih sejam atau sampai mengembang dua kali lebi besar. Tapi chef sudah menyiapkan adonan yang sudah mengembang. Jadi kami tak perlu menunggu sejam untuk langkah berikutnya.

 

Setelah adonan siap, giliran membuat saus tomat pizza. Bahannya tomat pronto, bawang bombay, bawang putih, bay leave, dry oregano, dry thime, gula pasir, lada hitam, dan olive oli virgin. Cara membuat saus ini juga sederhana. Tapi chef tak menunjukkan caranya karena sudah disiapkan sebelumnya.

Dua bahan utama siap, tinggal menyatukannya. Adonan roti dipipihkan dengan cara digiling. Menggilingnya harus telaten supaya melebar dan tetap berbentuk bundar. Setelah jadi, adonan dimasukkan ke loyang ukuran diameter 33cm. Lalu oleskan saus tomat di permukaannya. Tambahkan topping keju mozarella. Siap deh buat dipanggang.

Supaya hasilnya enak, ada nih rahasia yang dibocorkan chef Jemi. Pizza dipanggang dalam oven tradisional dengan bara api. Roti pizza akan renyah. Kalau dipanggang dengan oven listrik, roti pizza tipis akan menjadi keras. Trus untuk toppingnya, selain keju, bisa juga daging, dan sayuran. Bisa juga mixed. Tergantung selera.

Tak cuma menunjukkan cara membuat pizza lho! Kami juga diberi kesempatan membuat pizza. Beberapa teman berebutan. Tetapi hanya tersedia tiga meja. Jadi hanya tiga saja yang mendapat kesempatan. Selebihnya chef Jemie yang membuat pizza. Dia membuat empat jenis pizza. Perbedaannya pada topping.

Pizza yang sudah dipanggang lalu dikeluarkan dan siap disantap. Lagi-lagi pada berebutan ingin mencicipi. Benar saja, rasanya enak. Rotinya renyah. Setiap pizza berikutnya yang baru dikeluarkan dari pemanggangan, langsung diserbu. Terakhir, chef Jemi membuat pizza yang spesial buat kami. Spesial karena menggunakan beef bacon. Pizza ini jadi favorit.

Pizza asli asal Italia dikenal sejak dulu. Dimulai tahun 1006. Makanan ini berasal dari warga miskin. Dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan. Awalnya pizza tanpa saus tomat. Lalu tahun 1800-an pizza dengan saus tomat dibawa imigran Italia ke Amerika Serikat. Pada saat itu juga muncul pizza yang ditaburi mozarella.Pizza kemudian terus berkembang dengan topping beragam.

Nah, pizza yang asli Italia ini bisa juga dinikmati di La Pizza Autentico Swiss-Inn Batam. Ada beberapa macam pizza yang disajikan di La Pizza Autentico diantaranya Diavola, Margherita, Quattro Formaggi, Quatro Stagionni, Calzone, dan Bologna. Pizzanya dipanggang dalam tungku api yang bisa disaksikan sambil duduk santai di restauran. Pizzanya siap, makan deh!

 

Hotel Swiss-Inn Batam
Komplek Villa Idaman Baloi
Batam – Indonesia
Telp: 0778 457 500
Email: hmsib@swiss-belhotel.com

(32)

12 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*