Memacu Adrenalin di Floating Park Sea Forest Adventure

Ada tempat rekreasi baru dengan wahana yang menantang di Batam. Namanya Sea Forest Adventure. Berada di kawasan Nuvasa Bay, Nongsa. Kalau belum tahu persis di mananya, saya maklum. Namanya juga kawasan wisata baru. Tetapi kalau tahu Palm Springs Golf Nongsa, pasti langsung ngeh. Lokasinya memang satu area.

Sea Forest Adventure di Nuvasa Bay ini milik Sinar Mas Land. Wahananya ocok bagi masyarakat dan para turis yang berkunjung ke Batam yang menyukai aktivitas pendidikan outdoor, permainan dan petualangan. Kawasan rekreasi Sea Forest Adventure di area seluas 10 hektar. Konsep utamanya yaitu nature, adventure, dan survival science.

Masuk Sea Forest Adventure lewat Palm Springs
Masuk Sea Forest Adventure lewat Palm Springs

Akhir pekan lalu, tepatnya Minggu, 27 November 2016, kami ramai-ramai mencoba salah satu wahananya. Kawasan rekreasi ini dilengkapi beragam fasilitas dan permainan segala umur yang berada di empat kawasan utama yaitu Gathering Facility, Glam Camp, Rain Forest dan Water World. Nah yang kami coba itu area Water Wold.

Sesuai namanya, wahana ini berada di perairan. Di laut Nongsa. Bersisian dengan Pantai Nongsa. Wahana ini cocok bagi para pengunjung yang ingin menikmati permainan air. Di area Water World ini ada fasilitas floating water park, floating bar, cliff bar, hidden beach. Ada juga water sport seperti para sailing, kayaking, banana boat, fishing, dive hunting, dan olahraga air lainnya. Area ini sangat cocok bagi pengunjung yang lebih menyukai petualangan di laut.

Floating park inilah yang tersedia saat ini dan bakal dibuka untuk umum Desember mendatang. Untuk menuju Floating Park, kami dibawa menggunakan speedboat berkapasitas 7 orang. Tetapi beberapa teman lainnya melalui jalur darat dari pantai Palm Spring melalui hutan. Sebelum naik speedboat kami harus menggunakan life jacket.

Life jacket untuk pengunjung.
Life jacket untuk pengunjung.

Tak butuh waktu lama untuk sampai di Floating Park. Jaraknya hanya sepelemparan kancut kata Kak Ices. Entah kancut siapa! Sebab kami tak berkancut ria. Apalagi berbikini. Kami diantar ke ponton apung yang berbahan plastik. Dari ponton ini kemudian berenang sedikit ke Floating Park. Lalu petualang Ninja pun dimulai.

Beberapa arenanya mirip dalam game Takeshi Castle (Benteng Takeshi) atau outbond seperti berseluncur, meniti jembatan, dan climbing. Hanya saja arenanya di atas laut. Permainannya sangat menantang, apalagi buat yang berbadan bongsor. Arena yang berbahan plastik dan licin karena basah menjadi tantangan lainnya.

Untungnya saya tak berbadan besar jadi enteng saja melalui hampir semua tantangan. Meniti mulus-mulus saja, climbing dengan bantuan tali juga terlewati meski permukaan licin. Bahkan menyeberang dengan ayunan bisa saya lewati. Teman-teman lainnya tak ada yang berhasil. Mereka kebanyakan berhasil meloncat ke laut. Itu pun terpeleset.

Permainannya memacu adrenalin karena benar-benar menantang dan butuh keberanian. Kalau tak ada keberanian jadinya seperti teman kami yang berbadan besar. Takut sama air. Jadi sedikit pun tak menyentuh apalagi mencoba wahana itu. Padahal bermain di air sangat mengasyikkan. Saya yang baru pulang ngetrip dari Eropa, rasanya terhibur bermain di laut lagi.

Floating park.
Floating park.

Selain area Water World, di Sea Forest Adventure ada Gathering Facility yang dilengkapi dengan grand multifunction yard. Cocok untuk menggelar exhibisi atau pameran, konser, berbagai macam lomba outdoor dan indoor non permanen (foto inflatable grand tent ). Kemudian grand tent, food stall, beach bar, main beach, splash water, dan petting zoo menjadi area yang cocok bagi para pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan golf dan pinggir pantai.

Area lain yang ditawarkan di kawasan rekreasi Sea Forest Adventure adalah Glamorous Camping (Glam Camp), dengan fasilitas restaurant, glamping, rumah pohon, dan fasilitas multifungsi lainnya yang dapat menciptakan suasana dekat dengan alam bagi para pengunjungnya. Glam Camp ini menjadi tren terbaru. Jadi para tamu dapat tinggal di tenda yang sudah dimodifikasi dengan fasilitas kamar mandi dan kamar tidur layaknya di hotel berbintang. Tetapi bentuk strukturnya yang unik sehingga para tamu dapat merasa tetap dekat dengan alam tanpa mengorbankan kenyamanan yang biasanya sulit didapatkan saat berkemah di tenda biasa.

Sedangkan bagi para pengunjung dengan jiwa petualang, Sea Forest Adventure menawarkan area berpetualang yang dinamakan Rain Forest yang dilengkapi dengan fasilitas permainan seperti shooting range untuk permainan airsoft dan paintball, forest battle field, forest survival science tracker, dan built your own playground. Area Rain Forest sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin merasakan permainan-permainan menantang dengan suasana petualangan yang didukung oleh hutan dengan pohon-pohon rindang.

Jetty dari area Rain Forest ke Water World.
Jetty dari area Rain Forest ke Water World.

Sea Forest Adventure merupakan taman rekreasi bernuansa pendidikan dikemas dalam aktivitas adventure dan permainan)yang dikembangan di dalam kawasan Nuvasa Bay, sebuah kawasan hunian eksklusif dengan visi green yang sedang dikembangkan oleh Sinar Mas Land. Nuvasa Bay berlokasi strategis di daerah Nongsa, salah satu kawasan potensial dengan kemudahan akses yakni hanya 30 menit dari pusat kota Batam.

Kata Ishak Chandra, CEO Strategic Development and Services Sinar Mas Land, tujuan pembangunan Sea Forest Adventure ini adalah membuka akses rekreasi berstandar international di kota Batam yang dapat diakses oleh semua kalangan. Ia menyebut tempat rekreasi ini tidak akan membebani pengunjung dengan biaya retribusi yang tinggi sehingga mereka dapat menikmati hampir semua fasilitas yang ada di Sea Forest Adventure.

Pembangunan Sea Forest Adventure telah dirancang dengan konsep dan proses pembangunan kawasan rekreasi terbaik dan berstandar internasional. Dengan mentransisikan kawasan pusat golf dan resort pantai Palm Springs Batam menjadi kawasan yang nyaman untuk keluarga dan memiliki hiburan yang edukatif, Sea Forest Adventure menjadi destinasi terbaik bagi para keluarga, turis dan masyarakat yang ingin menikmati suasana indah dan nyaman dengan panorama golf dan pemandangan pinggir pantai sambil merasakan pelayanan dan berbagai hiburan yang berkualitas.***

(476)

19 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.