Melihat Atraksi ‘Bajak Laut’ dan Lumba-Lumba di Ancol

Bajak laut menggila.

Bagi warga Jakarta dan wisatawan domestik Taman Impian Jaya Ancol, atau lebih kerap disebut dengan Ancol adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi. Aksi yang menghibur atau pun menegangkan bisa disaksikan di sini.

Taman Impian Jaya Ancol ini merupakan kawasan wisata yang sering dikunjungi wisatawan domestik. Pasalnya ada banyak wahana yang ditawarkan di sini. Mulai dari Dunia Fantasi (Dufan) yang merupakan pusat wahana outdoor terbesar di Indonesia. Lalu ada gondola atau kereta gantung dengan panjang 2,4 km. Tak tertinggal pantai dan taman yang ada di Ancol jadi daya tarik tersendiri. Juga gelanggang samudra yang kini bernama ocean dream samudra.

Gelanggang Samudra menyajikan berbagai atraksi hewan antara lain pentas lumba-lumba dan paus putih, pentas singa aut, dan pentas aneka satwa. Selain itu juga ada underwater show yang menyajikan beberapa penari yang menari di dalam akuarium raksasa. Pengunjung diberikan sajian hiburan, rekreasi, konservasi satwa, serta pendidikan mengenai biota laut.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati wahana 4D. Di wahana ini pengunjung dapat menonton film yang tidak seperti biasanya, karena pengunjung dapat melihat, mendengar, juga dapat merasakan apa yang terjadi di dalam film tersebut. Seperti adanya cipratan air, hembusan angin, dan goncangan yang berasal dari kursi yang bergerak. Tetapi dua atraksi yang paling menarik di ocean dream samudra adalah pentas lumba-lumba untuk wahana indoor dan scorpion pirates (water stuntman show) untuk atraksi outdoor.

Sebelum menuju ke ocean dream samudra, kita harus membeli karcis masuk ke Taman Impian Jaya Ancol. Tarif masuk Ancol untuk pengunjung Rp. 15.000/ orang; kendaraan roda 4 Rp. 20.000; motor Rp. 15.000; bis Rp. 35.000. Sementara biaya untuk masuk ke ocean dream samudra Ancol Rp. 90.000/ orang (Senin – Jumat) Rp. 110.000/ oramh (Sabtu-Minggu). Biaya tersebut untuk menonton semua atraksi di ocean dream samudra dan untuk bermain beberapa permainan anak seperti bom-bom car, kapal terbang. Jadi kita bisa menonton atraksi dan bermain berkali-kali. Tapi itu tarif tahun 2013 lalu ya 🙂

 Pentas lumba-lumba di Ocean Dream Samudra.
Pentas lumba-lumba di Ocean Dream Samudra.

Begitu memasuki ocean dream samudra, yang pertama kita temui adalah arena pentas lumba-lumba. Pentas mamalia paling cerdas ini memiliki kapasitas 2000 orang. Pentas Lumba-lumba yang dibuka sejak 1974 ini selalu menghadirkan lumba-lumba jenis hidung botol (tursiops aduncus) yang merupakan hewan asli Indonesia. Anda pasti akan terkesan dan takjub dengan atraksi-atraksi yang ditampilkan oleh sepasang lumba-lumba. Seperti di habitat aslinya di laut lepas, lumba-lumba sangat terkenal suka bermain-main, berenang dan melompat.

Dengan konsep yang lebih atraktif dan mengikuti perkembangan teknologi, pentas lumba-lumba ini sangat menghibur. Dimulai dari layar lebar dengan short story garapan Riri Reza di wahana lumba-lumba dengan cerita tiga sahabat yang ingin melatih lumba-lumba. Kemudian muncullah lumba-lumba yang memberi sambutan kepada penonton dengan lompatan-lompatan tangkas dan pintar.

Lihat tuh gaya si lumba-lumba saat beraksi.
Lihat tuh gaya si lumba-lumba saat beraksi.

Lumba-lumba ini tangkas menangkap bola dengan mulutnya. Selain itu Anda juga dapat kesempatan berinteraksi dengan lumba-lumba seperti dicium lumba-lumba, membelai dan memberi makan lumba-lumba dan bahkan dapat berenang bersama lumba-lumba.

Dari pentas lumba-lumba, Anda dapat melanjutkan ke atraksi scorpion pirates (water stuntman show). Kalau yang ini bukan hewan laut yang melakukan atraksi tetapi orang yang melakukan atraksi yang kadang mencengakan dan membuat kaget. Aksi ini berceritakan tentang seorang arkeolog yang melakukan ekspedisi pencarian benda-benda bersejarah menyeberangi hutan belantara yang dalam perjalanan melakukan tugasnya itu, ia harus berhadapan dengan aksi scorpion pirates yang jahat.

Atraksi ini sangat menarik pengunjung karena atraksi tersebut benar-benar dilakukan secara nyata dengan akting yang sesuai dengan karakter. Tempat yang digunakan atraksi ini disetting dengan desain sebuah markas bajak laut moderen. Efek suara pun selalu diperdengarkan dengan jelas seperti suara ledakan yang menggunakan petasan dan cipratan air yang berasal dari danau buatan. Pengunjung ocean dream samudra pun dapat langsung menikmati atraksi ini tanpa biaya tambahan. Setiap harinya, atraksi ini hanya dipertunjukkan selama empat kali.***

Kalau mau masuk Ancol lewat sini.
Kalau mau masuk Ancol lewat sini.

(348)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*