Pengalaman Menggunakan Simcard Digitravel untuk Koneksi Internet di Luar Negeri

Simcard Digitravel

Koneksi internet saat jalan-jalan di luar negeri semakin mudah didapatkan sekarang ini. Karena banyak pilihan provider Indonesia yang menyediakan paket data roaming, wifi portable, beli simcard lokal atau simcard dan eSIM internasional yang juga makin mudah didapatkan.

Sebelumnya, ketika jalan-jalan di luar negeri, saya hanya memanfaatkan wifi gratis atau beli simcard lokal. Untuk simcard lokal ini saya punya pertimbangan untuk membelinya. Pertama traveling di negara tersebut cukup lama, atau harga simcard di negara itu murah.

Barulah setahun terakhir ini saya beralih ke simcard travel luar negeri yang bisa dibeli di platform toko online. Selain harganya relatif murah, pilihannya banyak. Tergantung kebutuhan. Jangkaunnya juga banyak negara.

Salah satunya Digitravel, penyedia simcard, eSIM instan dan modem WiFi dengan jangkauan mencapai 190 lebih negara. Ketika mencari simcard atau eSIM di platform seperti Tokopedia dan Shopee, Digitravel ini selalu muncul.

Saya sendiri sudah dua kali menggunakan simcard Digitravel saat jalan-jalan di luar negeri. Pertama, saat jalan-jalan di Jepang Oktober tahun lalu. Kemudian awal tahun ini ketika traveling ke beberapa negara di Asean.

Pertimbangan membeli simcard Digitravel ya karena pastinya harga simcard lokal Jepang pasti mahal. Apalagi saya rencananya hanya seminggu saja di Jepang. Saya kemudian mencari lewat toko official Digitravel di Shopee dan banyak pilihan.

Simcard ini khusus untuk Jepang saja, bukan yang untuk beberapa negara atau mencakup Asia. Ada pilihan kuota internet harian atau paket unlimited dengan jumlah data tertentu. Misalnya paket data 5 GB, 10 GB, dan 30 GB. Juga ada pilihan periode aktif.

Pokoknya banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saya pun memilih paket extra kuota 5 GB untuk 15 hari. Harganya Rp 100 ribuan. Kebetulan dapat free ongkir. Setelah pesan, simcard sampai di rumah tujuh hari kemudian. Agak lama karena pake pengiriman reguler.

Satu hari sebelumnya berangkat saya pelajari cara penggunaannya. Simcard ini dimasukkan ke handphone sebelum sampai di negara tujuan dan mengaktifkan data roaming. Ketika sampai di Jepang dan mengaktifkan handphone, sempat ada kendala.

Handphone tidak bisa terkoneksi ke internet. Saya akhirnya menghubungi customer service melalui WhatsApp. Nomor CS ini di bungkusan simcard, jadi simpan baik-baik saat beli. Customer service-nya cepat merespon keluhan saya dan dibantu cara aktifkan paket internetnya.

Ternyata setting access point name (APN) harus diubah dan operator jaringan dipilih secara manual. Saya mengikuti instruksi yang diberikan CS dan hanya beberapa kemudian koneksi internet sudah aktif.

Selama tujuh hari di Jepang sama sekali tidak ada kendala karena internetnya lancar banget. Dari pengalaman ini, saya memutuskan menggunakan simcard Digitravel lagi saat traveling ke Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Kebetulan paket tiga negara ini tersedia di Digitravel. Jadi beli satu kartu bisa digunakan di tiga negara. Kalau traveling ke lebih dari tiga negara di Asia Tenggara bisa beli yang khusus Asean.

Dibanding saat di Jepang, simcard Digitravel untuk tiga negara di Asia Tenggara ini sama sekali tidak membutuhkan perubahan settingan. Ketika saya aktifkan, internetnya langsung terkoneksi. Begitu juga saat pindah negara tidak perlu otak-atik settingan.

Perjalanan saya jadi lancar karena selalu terkoneksi ke internet untuk mencari informasi atau pun rute ke tempat wisata. Bahkan saya menggunakan internet ini untuk bekerja di tiga negara ini tanpa kendala. (*)

(35)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.