Naik Bus dari Johor ke Kualalumpur

Naik Bus dari Johor ke Kualalumpur – Malaysia sangat dekat dari Batam, sehingga negara tetangga ini sering dikunjungi untuk liburan. Saya sendiri sudah tak terhitung lagi sudah berapa kali ke sana saking seringnya. Terutama ke Kualalumpur.

Kualalumpur bisa dijangkau dengan bus dari Johor Baru. Bus dari Johor ke Kualalumpur umumnya dari Terminal Larkin. Selain itu, ada yang berangkat dari Tun Aminah, Terminal Taman Universiti, Pasir Gudang, dan Kulai.

Saya lebih sering berangkat dari Terminal Larkin karena mudah diakses dengan angkutan umum. Juga dekat dari pusat kota Johor Baru, JB Sentral dan Pelabuhan Stulang Laut.

Jika dari Batam pastinya harus menyeberang dulu melalui Pelabuhan Stulang Laut. Dari pelabuhan ini kemudian langsung ke Terminal Larkin dengan taksi. Atau jika sudah di Johor Baru, bisa naik bus dari JB Sentral ke Terminal Larkin.

Pilihan lainnya melalui Pelabuhan Puteri Harbour. Hanya akses trasportasinya tidak semudah dari Stulang Laut. Jaraknya juga lebih jauh dari Terminal Larkin.

Terminal Larkin ini tidak begitu besar. Tetapi fasilitasnya cukup lengkap. Ada beberapa tempat makan dan restoran siap saji, toko kelontong, toilet, bahkan barbershop. Ruang tunggu dan ruang boarding.

Ada banyak pilihan bus yang berangkat mulai pagi hari, malam, hingga dini hari dari Terminal Larkin. Untuk beli tiket, bisa langsung di loket terminal atau mesin penjualan tiket. Kalau khawatir kehabisan tiket, bisa beli online.

Saya biasanya beli online lewat easybook.com atau redbus. Kedua OTA ini terpercaya. Harganya terkadang lebih murah dari pada beli di terminal. Jika beli online, tinggal menunjukkan tiket untuk mendapatkan boarding pass di konter yang tersedia.

Saat mengambil boarding pass, penumpang membayar biaya servis dan handling 2 RM. Harga tiketnya sendiri mulai 14 RM atau kisaran Rp 102 ribu. Bus berangkat hampir tiap 15 menit. Bus pertama mulai pukul 05.00 waktu Malaysia dan bus terakhir pukul 01.00 waktu Malaysia.

Jadi tidak perlu khawatir jika belum beli tiket dan tiba kapan pun di Terminal Larkin. Hanya saja, jika beli on the spot biasanya kita mendapatkan keberangkatan yang agak belakangan. Terkadang harus menunggu di terminal berjam-jam.

Makanya saya sering beli online. Jika pun datang ke Terminal Larkin lebih cepat dari jadwal keberangkat, bisa digunakan untuk makan, salat atau ke toilet. Atau nge-charge handphone di ruang tunggu.

Untuk ke Kualalumpur, saya biasa memilih keberangkat tengah malam. Perjalanan ditempuh kurang lebih 5-6 jam. Jadi bisa tidur dalam bus dan tiba di Terminal Bersepadu Selatan (TBS) Kualalumpur subuh.

Naik bus dari Johor ke Kualalumpur terbilang nyaman dan lancar jika malam hari. Agar lebih nyaman, siapkan jaket atau selimut karena AC dalam bus sangat dingin. Siapkan juga bantal leher supaya tidur jadi pulas. (*)

 

Operator Bus Dari Johor Bahru, Malaysia

(111)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.