Mengunjungi Surga Belanja Orchard Road Singapura

Singapura terkenal sebagai surga belanja dengan deretan pusat perbelanjaan modern yang menjadi rumah dari berbagai merek internasional. Salah satu kawasan yang mewakili Singapura sebagai surga belanja adalah Orchard Road.

Umumnya, wisatawan yang datang ke Singapura, akan menyempatkan diri berkunjung ke Orchard Road untuk berbelanja ke tempat tujuan atau sekadar window shopping, menjelajahi Orchard Road.

Orchard Road didesain senyaman dan semenarik mungkin bagi wisatawan yang berbelanja. Deretan pusat perbelanjaan dilengkapi jalur pejalan kaki yang lebar, pohon yang teduh, lampu-lampu indah saat malam hari, dan berbagai atraksi menarik di sepanjang jalan.

Orchard Road
Belanja di Orchard Road. Dok.TripSavvy

Jalanan sepanjang 2,2 kilometer ini dahulu adalah kebun gambir, lada, pala, dan tanaman Anggrek. Sebelum terkenal dengan deretan pusat perbelanjaan, Orchard Road dahulu juga terkenal sebagai rumah peristirahatan.

Pusat perbelanjaan pertama yang dibuka di Orchard Road adalah C.K Tang Department Store pada 1958. Orchard Road sejak dahulu juga terkenal sebagai pusat hiburan yang selalu ramai dan menjadi magnet bagi banyak orang. Misalnya The Cold Storage Milk Bar yang menawarkan es krim, cake, dan aneka minuman yang menyegarkan yang terkenal pada 1960-an.

Di Orchard Road juga terdapat Masjid Al-Falah, yang dapat menjadi tempat menunaikan ibadah salat. Masjid ini bisa menampung 2 ribu orang dalam sekali salat berjamaah sebelum pandemi. Atau datang ke musala di Wisma Atria Shopping Centre Lantai 7, Takasimaya Shopping Centre Basement 1, dan Lucky Plaza Lantai 8.

Lokasinya strategis, sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari hotel dan pusat perbelanjaan di Orchard Road. Jadi acara belanja tetap asyik dan kewajiban  ibadah tetap terlaksana.

Belanja di pusat perbelanjaan modern

Agenda utama di Orchard Road tak lain adalah berbelanja sampai puas. Orchard Road memiliki hampir 30 pusat perbelanjaan modern dengan berbagai gerai merek lokal dan internasional. Jadi siapkan sepatu yang nyaman, agar kegiatan belanja semakin menyenangkan.

Berikut ini adalah tiga mal di Orchard Road yang dapat menjadi pilihan tempat belanja seru bagi Anda:

– ION Orchard
Mal ikonik ini memiliki fasad gedung yang unik dan bergaya futuristik. Kaca gedung memantulkan sinar matahari alami pada siang hari dan pada malam hari menampilkan permainan cahaya yang indah. Di dalam mal terdapat berbagai merek fesyen mewah hingga kenamaan.

Orchard Road
ION Orchard Dok.Ionorchard.com

Selain itu, mal ini juga terkenal dengan ION Art, galeri seni yang menampilkan karya seni kontemporer dan modern Asia sepanjang waktu. Pengunjung bebas mengunjungi lokasi ini.

ION Orchard juga memiliki dek obeservasi bernama ION Sky di Lantai 55 dan 56, dengan ketinggian 218 meter di atas permukaan laut. Di lantai sembilan gedung, terdapat taman dan klub yang bisa dikunjungi pengunjung mal. Mal ini beralamat 2 Orchard Turn.

– Orchard Central

Jangan lewatkan berkunjung ke Orchard Central. Pusat perberlanjaan ini memiliki beberapa gerai istimewa dan berbeda seperti gerai flagship global Uniqlo dan toko serba ada Jepang Don Donki serta toko aksesoris Jepang Tokyu Hands.

Selain belanja, pengunjung di Orchard Central juga bisa berkunjung ke Art Trail dan Roof Garden yang dibuka 24 jam untuk melihat pemandangan Singapura dari ketinggian.

Orchard Road
Orchard Central Dok. Fareastmalls.com.sg

Bagi anak-anak atau keluarga yang tidak ingin berbelanja, bisa mencoba panjat dinding indor Via Ferrata di Lantai lima.

Orchard Central juga punya program khusus wisatawan diskon sampai 25 persen pada beberapa toko. Anda hanya perlu menujukan paspor ke meja concierge yang berada di lantai dasar untuk mendapat diskon ini. Mal ini berada di 181 Orchard Road.

– Design Orchard

Pusat perbelajaan terbaru di Singapura yang buka pada awal 2019 ini merupakan rumah dari lebih dari 100 merek lokal Singapura. Anda dapat membeli berbagai merek pakaian, aksesoris, perlengkapan rumah yang merupakan karya desainer lokal Singapura.

Singapore Tourism Board (STB) bersama dengan Design Orchard juga turut berpartisipasi di Surabaya Fashion Parade 2021, menghadirkan berbagai produk fesyen dari para desainer Singapura yang ditandai dengan logo Made With Passion (MWP).

MWP merupakan sebuah inisiatif pemasaran nasional untuk mempromosikan merek gaya hidup lokal Singapura di empat kategori – Kecantikan & Kesehatan, Fesyen & Aksesori, Peralatan Rumah Tangga & Dekorasi dan Makanan & Minuman Kemasan, dan semangat didalamnya.

Orchard Road
Design Orchard Dok. Arch20

Saat lelah berbelanja, tidak ada salahnya untuk bersantai sejenak di kebun atap yang terbuka untuk publik. Area atap ini juga memiliki amphiteater untuk menyelenggarakan berbagai acara menarik.

Rooftop Design Orchard juga terdapat kafe hideen gem, Alchemist café yang memanggang biji kopi mereka sendiri. Kafe ini populer di kalangan milenial trendi untuk bersantai di taman terbuka dengan pemandangan Orchard Road langsung di bawah.

Bagi Anda yang saat ini belum bisa mengunjungi The Centrepoint, pusat perbelanjaan modern dan hiburan ikonik di Orchard Road, kini telah berubah menjadi surga belanja modern, dan juga surga kuliner bagi para pencinta makanan. Terdapat zona gastro, Gastro+, kawasan makanan yang menghadirkan berbagai pilihan resto untuk memenuhi hasrat foodie dari berbagai kalangan.

Hiburan di Orchard Road

Terkadang tidak semua anggota keluarga kuat untuk berbelanja dalam waktu lama. Jangan khawatir, karena di Orchard Road juga terdapat tempat hiburan seru. Anggota keluarga bisa mengisi waktu dengan bermain trampoline, menonton, atau bermain bowling di tempat yang menyenangkan ini.

– Bounce Singapore
Bounce Singapura merupakan taman trampolin indoor dengan area yang luas. Pengunjung semua usia dari balita sampai dewasa boleh bermain di arena Bounce.

Bounce Singapore Dok. Time Out

Fasilitas bermain di Bounce sangat beragam mulai dari ring basket untuk melakukan slam dunk, lompat tiang di arena Leap of Faith, sampai arena The Wall untuk melatih lompatan dan lari gaya bebas. Bounce berada di Cineleisure, 8 Grange Road #09-01 Singapura.

– Cathay Cineplex

Orchard Road sejak dahulu terkenal sebagai pusat hiburan, tak terkecuali untuk nonton film di bioskop. Anda bisa menonton di bioskop legendaris Cathay Cineplex.

Bioskop ini memiliki teknologi canggih untuk membuat sensasi menonton lebih seru seperti bangku ergonomis yang biasa diatur ketinggian kakinya di Elite Club atau sofa pasangan yang empuk di Ultima.

Cathay Cineplex Dok. TODAY

Jika kamu pencinta film, juga bisa mengunjungi The Cathay Gallery di Handy Road. Galeri ini menyimpan koleksi memorabilia film seperti poster, kursi bioskop, kamera dari 1930-an yang semuanya masih terawat dengan baik dan memiliki penjelasan cerita.

– K Bowling Club

Arena bowling dengan desain layaknya di luar angkasa ini cocok bagi Anda yang suka aktif menggerakan badan sambil bergembira. Bagi Anda yang tidak membawa sepatu olahraga, di sini tersedia penyewaan sepatu bowling.

K Bowling Club Dok. Klook

Selain bowling Anda juga bisa bermain arcade atau game dingdong, karaoke, dan bermain dart atau tembak panah di dinding. Jika lapar, Anda dapat memesan makanan dan minuman langsung di restoran yang tersedia di K Bowling Club.

Wisata sejarah di pusat kota

Selain berbelanja, Orchard Road juga terkenal dengan situs bersejarah seperti Emerald Hill dan The Istana. Tiga tempat bersejarah ini mewakili masa lampau Singapura yang masih dapat dilihat dalam bentuk aslinya dan uniknya berada di pusat kota yang ramai.

– The Istana

Khusus The Istana, kantor Presiden Republik Singapura hanya dibuka lima hari dalam satu tahun dalam acara open house yang diselenggarakan setiap hari raya dan Hari Buruh.

The Istana Dok. Time Out

Namun Anda tetap dapat melihat dari luar betapa megahnya bangunan bergaya Neo-Palladia yang dulu merupakan kediaman Gubernur Inggris di Singapura. Lokasinya di 35 Orchard Road, Singapura.

Anda juga bisa tahu lebih banyak mengenai The Istana melalui Istana the Heritage Gallery yang terletak persis di seberang jalan. Galeri ini buka sepanjang tahun, menjelaskan segala detail The Istana mulai dari arsitektur sampai tokoh penting yang pernah berkunjung ke sini.

– Emerald Hill

Anda masih dapat melihat dan merasakan suasana era kolonial yang menarik di Orchard Road yang dahulunya adalah daerah perumahan. Berkunjunglah ke Emerald Hill, daerah perumahan yang tenang di antara pusat perbelanjaan dan jalanan yang ramai.

Emerald Hill Dok. Insider

Saat ini ada banyak kafe, restoran, dan bar yang dibuka di rumah-rumah Emerald Hills. Namun, rumah-rumah ini masih tetap mempertahankan desain aslinya yaitu desain kolonial dan peranakan klasik. Tampilan rumah-rumah di Emerald Hill ini sangat estetik dan cocok diabadikan untuk Instagram Anda. ***

(107)

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.