Tempat Makan Halal dari Berbagai Negara di Singapura

Tempat Makan Halal di Singapura
Makanan ala barat halal di Royz et Vous Singapura (Dok. Facebook Royz Et Vouz)

Kalian pasti sudah kangen banget jalan-jalan di Singapura. Makan di tempat makan halal di Singapura. Apalagi bagi warga Batam yang tinggalnya persis di sebelah Singapura. Dengan menumpang feri 35 menit hingga satu jam sudah sampai di negeri Merlion itu. Selain objek wisatanya yang bikin kangen, kuliner di Singapura juga sangat dirindukan.

Soalnya Singapura terkenal sebagai melting pot atau tempat tinggal masyarakat heterogen, dengan berbagai latar belakang budaya yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satu produk budaya ini adalah makanan. Kamu bisa menemukan ragam makanan dari budaya berbeda di Singapura dari makanan Melayu, Peranakan, India, Timur Tengah, Asia Timur, dan Eropa.

Nah, yang bikin para foodies yang mencari kuliner halal Singapura senang adalah pilihan makanan bukan hanya makanan Melayu yang mudah ditemui di Indonesia. Kalian bisa mengeksplorasi rasa makanan dari berbagai negara di Singapura, tanpa perlu ragu atau bertanya-tanya soal halal atau tidaknya tempat makan tersebut.

Singapura tercatat sebagai destinasi paling ramah wisatawan Muslim di antar negara non-Muslim berdasarkan The Global Muslim Travel Index. Mudah menemukan tempat makan halal di Singapura. Jadi Singapura bisa disebut destinasi terbaik untuk menikmati makanan halal dengan cita rasa dan jenis yang sangat bervariasi.

Mau tahu di mana saja bisa menemukan makanan mancanegara yang halal di Singapura? Ini dia delapan tempat makan halal di Singapura yang menyajikan makanan mancanegara. Daftar ini bisa kalian simpan untuk kunjungan berikutnya ke Singapura jika perbatasan sudah dibuka.

Fika Swedish Cafe and Bistro

Tempat Makan Halal di Singapura
Swedish Meatball (Dok. Facebook Fika Swedish Cafe & BistroFika)

Swedish Cafe and Bistro menyediakan makanan tradisional khas Swedia. Uniknya, semua makanan dan minuman di kafe ini halal. Fika adalah kata yang mengungkapkan kebiasaan orang Swedia, berarti minum kopi bersama orang terdekat atau waktunya istirahat. Anda bisa bersantai sambil minum kopi dan makanan camilan manis ala Swedia seperti Swedish Pancake, Kladdkaka (kue cokelat), dan Apple Crumble Pie.

Di sini juga tersedia aneka pasta dan makanan Swedia terkenal seperti Swedish Meatballs (bola daging ala Swedia) dan Swedish Lamb Stew (semur ala Swedia). Harga makanan di sini mulai dari 5 dollar Singapura atau setara Rp 55 ribu.

Alamatnya di 257 Beach Road, Singapore 199539. Untuk menuju Fika Swedish Cafe and Bistro bisa menumpang MRT dan berhenti di Stasiun MRT Bugis. Kemudian jalan kaki 550 meter atau 7 menit.

The Dim Sum Place

Rasanya tidak lengkap jika ke Singapura belum mencicipi makanan khas Tionghoa. Untuk memuaskan selera, kalian bisa berkunjung ke The Dim Sum Place, restoran chinese food ala Kanton halal.

Restoran ini menyediakan lebih dari 100 jenis makanan Kanton, dengan spesialisasi dim sum halal, lengkap dengan mie, seafood, daging panggang dan makanan penutup. Sebut saja Molten Salted Egg Custrad Bun (pao isi custrad telur asin), Deep Fried Carrot Cake (gorengan lobak gurih), Peking Duck Wrap (bebek peking panggang), dan Congee with Mixed Sefood (bubur dengan berbagai seafood).

Porsi makanan di restoran ini terbilang besar, sehingga cocok untuk makan bersama keluarga. Harga makanan di sini mulai dari 2 dollar Singapura atau setara Rp 20 ribu.

Alamatnya di 791 North Bridge Road, Singapore 198759 – Changi City Point Outlet, 5 Changi Business Park Central 1, Changi City Point, #B1-30/31Singapore 486038. Cara menuju The Dim Sum Place: Berhenti di Stasiun MRT Bugis, lalu jalan kaki 650 meter (8 menit).

Beng Who Cooks

Tempat Makan Halal di Singapura
Beng Who Cooks Protein bowl (Dok. Facebook Beng Who Cooks)

Makanan satu ini cocok bagi kalian pencinta gaya hidup sehat. Beng Who Cooks merupakan restoran spesialisasi protein bowl halal dengan harga terjangkau. Pelopor restoran ini adalah koki Jason Chua, olahragawan Muhammad Ridhwan dan pelatih gym Fairuz Mohamed. Beng Who Cooks kini menjadi favorit banyak warga lokal Singapura.

Menu makanan di sini adalah menu DIY (Do-it Yourself), pengunjung bisa memilih gabungan protein, sayuran, dan saus yang diinginkan. Harga makanan di sini mulai dari 6 dollar Singapura atau setara Rp 65 ribu per porsi.

Alamatnya di 39 Neil Road Singapore 088823. Cara menuju Beng Who Cooks: Berhenti di Stasiun MRT Chinatown, jalan kaki 550 meter (6 menit).

Picanhas’

Picanhas’ Don (Dok. Facebook Picahas’)

Restoran Brazil dengan makanan halal terbilang unik dan sulit ditemui di tempat lain, tetapi ada di Singapura. Picanhas’ dibuka oleh warga Singapura Muslim Shaleh Jati yang ingin membuat makanan halal enak dengan harga terjangkau.

Makanan andalannya adalah The Queen of Steak yang menggunakan daging sirloin atas, dipanggang dengan bara agar tekstur daging lembut dan harum.

Ada juga Picanhas’ Don nasi bunga telang (butterfly pea infused rice) dengan daging sirloin atas, bawang yang dimasak sampai caramel (caramelised onion), acar kol (cabbage pickled), dan telur rebus setengah matang (onsen egg). Jangan lewatkan juga menu minuman mocktail 100 persen halal tanpa alkohol.

Alamat: 90 Club Street, Singapore 069458 Cara menuju Picanhas’: Berhenti di Stasiun MRT Chinatown, lalu jalan kaki sekitar 400 meter atau 5 menit.

Royz et Vous

New Zealand Hanger Steak (Dok. Facebook Royz Et Vouz)

Pilihan restoran ala barat yang menggunakan 100 persen bahan makanan halal adalah Royz et Vous. Ada banyak pilihan makanan di sini, mulai dari pasta, steak, sup, burger, dan dessert ada di sini. Berberapa menu andalannya adalah Roasted Boneless ‘Ayam Percik’, Smoked Duck, dan New Zealand Hanger Steak.

Jangan lupakan kopi dan cokelat yang menjadi andalan Royz et Vous karena berasar dari biji kakao asal Afrika Barat. Harga makanan di sini mulai dari 7 dollar Singapura atau setara Rp 76.000 dan minuman mulai 4 dollar Singapura atau setara Rp 43.000.

Alamat: 137 Telok Ayer Street #01-01 Singapore 068602 dan cabang di Sultan Gate. Cara menuju Royz et Vous: Berhenti di Stasiun MRT Raffles Place, jalan kaki 500 meter (6 menit).

The Ramen Stall

Ingin makan mananan Jepang halal saat di Singapura? Cobalah berkunjung ke The Ramen Stall. Restoran ini terkenal di kalangan penduduk lokal, tak hanya menjual ramen ada pula sushi, sashimi, bento, BBQ ala Jepang, dan Healthy Rice Bowl.

Makanan andalan di sini adalah ramen yang kaldunya dimasak lebih dari 30 jam. Rasa kuahnya kaya dan milky. Tidak ada tambahan MSG di ramen ini, sehingga cocok disantap Bersama anak anak. Harga makanan di The Ramen Stall mulai dari 2 dollar Singapura atau setara Rp 20.000.

Alamat: 787 North Bridge Road, Singapore 198755 Cara menuju The Ramen Stall: Berhenti di Stasiun MRT Bugis, jalan kaki 600 meter (8 menit).

Wanderlost Lounge – By The Halal Mixologist

Kombucha di Wanderlost Lounge (Dok. Facebook Wanderlost Lounge – By The Halal Mixologist)

Lounge yang berlokasi di atap gedung distrik bisnis (CBD) Singapura ini menawarkan pemandangan yang indah dan memberikan suasana yang nyaman saat menikmati minuman. Uniknya, Wanderlost Lounge – By The Halal Mixologist menjual 100 persen mocktail atau coktail non alkohol.

Pemilik Wanderlost Lounge – By The Halal Mixologist adalah seorang Muslim. Selain mocktail ada berbagai makanan yang dimasak dengan cara dibakar seperti steak dan burger.

Tempat ini juga ramah akan pengunjung anak. Di sini ada berbagai camilan manis dengan tampilan menarik. Harga makanan di sini mulai 4 dollar Singapura atau setara Rp 42.000 , sementara mocktail mulai 13 dollar Singapura atau setara Rp 140.000.

Alamat: Realty Centre, 15 Enggor Street #12-01 12th floor, Singapore 079716. Cara menuju Wanderlost Lounge – By The Halal Mixologist: Berhenti di Stasiun MRT Tanjong Pagar, jalan kaki 400 meter (5 menit)

Bazaar Ramadan di Geylang Serai
Bazaar Ramadan di Geylang Serai adalah acara rutin tahunan yang digelar saat bulan Ramadan di Geylang, Singapura. Ada banyak penjual makanan dan camilan halal yang unik dari takjil sampai makanan hipster, seperti praffle yakni adonan waffle campur prata dengan saus chili crab, lobster roll atau hot dog isi lobster, lobster isi nasi lemak, cakwe dengan berbagai topping, roti panggang warna-warni, semangka volcano, aneka merek boba, dan makanan tradisional seperti kuih (kue basah), otak-otak, dan dendeng.

Bazaar yang jumlah stallnya berkisar 500-800 ini juga menjual pakaian Muslim, dekorasi Lebaran, dan berbagai acara menarik. Bazaar Ramadan di Geylang Serai adalah melting pot mini Singapura, karena di sini masyarakat dari berbagai latar belakang berkumpul dan merayakan Ramadan. (*)

(88)

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.