Mengintip Legoland Malaysia dan Sanrio Hello Kitty Johor

Puteri Harbour Johor

Akhir pekan lalu, saya diundang Educity Iskandar Malaysia Sdn Bhd (EIMSB) ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Iskandar Johor Baru, Malaysia. Mereka ada event yang namanya EduCity One Shot Fitness Challenge. Kompetisi olah raga ekstrim Crossfit Workout of the Day. Mumpung acaranya sore, saya dan teman-teman lainnya sepakat berangkat pagi sekalian jalan-jalan di Johor.  Melihat Legoland Malaysia.

Sebenarnya saya sudah sering ke Johor. Pertama kali seingat saya lebih dari sepuluh tahun. Itulah pertama kali menjelajahi wilayah selatan Negeri Jiran Malaysia. Belakangan, ketika ke Johor, palingan hanya menumpang lewat karena tujuan utamanya ke Kualalumpur. Terakhir, bulan April lalu, saya ke Johor Baru, tapi hanya sampai Pelabuhan Stulang Laut dan window shopping di Berjaya Waterfront Mall yang satu lokasi.

Undangan ke Johor untuk kedua kalinya ini pun tidak mau saya sia-siakan untuk menjelajahi lagi Johor yang sangat dekat dengan Singapura. Kami berangkat dari Pelabuhan Harbourbay. Pelabuhan ini relatif jauh dari rumah saya di Batam Center. Hanya saja, dari pelabuhan ini yang punya rute ke Puteri Harbour dan dekat dengan Educity Iskandar. Cara dari Pelabuhan Harbourbay dan Pelabuhan Batam Center ke Johor akan saya ceritakan pada postingan berikutnya.

Sehari sebelumnya saya sudah membeli tiket di Agen Travel Pagi Sore Nagoya. Harganya Rp 290 ribu, belum termasuk pajak. Pajaknya sendiri dibayar saat check in di pelabuhan, Rp70 ribu. Jadi totalnya Rp 360 ribu. Harganya lebih murah dibandingkan beli langsung di pelabuhan. Kami berangkat dengan kapal Oceanna tepat pukul tujuh pagi. Perjalanan dari Harbourbay ke Puteri Harbour selama 1,5 jam.

Tiba di Puteri Harbour, bangunan-bangunan pencakar langit sudah terlihat. Meski belum seramai di pusat kota. Oh ya, Kawasan Iskandar ini masih baru dan relatif jauh dari pusat Johor Baru. Makanya belum begitu ramai. Antrean di konter imigrasi juga tidak begitu ramai. Jadi tidak butuh waktu yang lama sudah bisa menjelajahi Kawasan Iskandar.

Hotel Legoland

Di Kawasan Iskandar ini, ada beberapa objek wisata yang sudah populer. Ada Taman Bermain Legoland  Malaysia dan Taman Bermain Thomas Town and Sanrio Hello Kitty. Keduanya sangat dekat dari Puteri Harbour. Kalau ke Thomas Townd and Sanrio Hello Kitty cukup jalan kaki saja. Sementara ke Legoland harus naik bus kira-kira 10 menit.

Jangan khawatir, shuttle bus tersedia dan gratis lagi. Cukup menunjukkan tiket ferry dari Batam. Bus ini rutenya sampai Terminal Larkin. Tujuan dan perhentian pertamanya di Mall of Medini, kemudian ke Legoland. Kami turun ke Mall of Medini karena bisa juga sampai ke Legoland lewat mall ini. Dari mall terus saja jalan lurus dan sampailah ke pintu samping Legoland.

Di situ ada Hotel Legoland yang dicat warna-warni. Sebelahnya kemudian konter pembelian tiket. Tiket untuk masuk Legoland ada beberapa pilihan. Untuk one day theme park ticket dan beli langsung di konter RM188 (dewasa) dan RM150 (anak-anak/orang tua). Kalau beli online lebih murah. Untuk orang dewasa RM150 dan anak-anak RM120. Di taman tema ini bisa menikmati beragam wahana dan miniatur landmark dari berbagai negara yang terbuat dari lego.

Sementara harga one day water park ticket lebih murah. Beli langsung di konter, harga untuk orang dewasa RM122 dan anak-anak/orang tua RM103. Kalau beli online RM98 (dewasa) dan RM82 (anak-anak/orang tua). Kamu bisa mencoba beragam wahana air di sini sampai puas. Sampai kulit mengkerut dan legam.

Buat yang mau menjelajahi theme park dan water park sekaligus harganya lain lagi. Harga tiket beli langsung di konter untuk orang dewasa RM235 dan RM188 untuk anak-anak/orang tua. Kalau beli online, harga tiketnya RM188 untuk orang dewasa dan RM150 untuk anak-anak/orang tua. Untuk paket dua hari atau open date harga tiketnya bisa dicek di sini.

Konter Tiket Legoland

Ramai orang yang membeli tiket dan kami hanya mengamati saja. Soalnya tidak berniat masuk Legoland Malaysia. Apalagi saya, tidak sesuai dengan minat. Jadi cukup melihat dari luar saja. Setelah melihat-melihat dan foto-foto sebentar, kami kembali ke Mall of Medini dan makan di Burger King. Harganya lumayan, paket burger plus minuman RM7,50 atau Rp 27 ribu.

Jelang tengah hari, kami kembali ke arah Puteri Harbour. Tapi tujuannya Thomas Town and Sanrio Hello Kitty. Kami masuk ke lobi dan di situ ada konter tiketnya. Tiket masuknya untuk orang dewasa dan anak-anak sama. Beli langsung di konter RM 100 dan beli online lebih murah RM 88. Bisa puas seharian melihat dan menikmati beragam permainan.

Kafe Hello Kitty

Lagi-lagi tidak sesuai minat saya. Taman Bermain Legoland Malaysia dan Thomas Town and Sanrio Hello Kitty ini cocoknya untuk anak-anak dan keluarga. Saya tidak masuk kedua katagori itu. Kalau di Legoland masih lumayan ada wahana permainan air dan taman tema. Nah di Thomas Town and Sanrio Hello Kitty, segalanya tentang karakter Hello Kitty dan Thomas. Saya bukan penggemar Hello Kitty dan Thomas.

Selesai foto-foto keluar dari lobi dan menuju toko Superhero DC Comic, Batman dan Superman. Di toko ini banyak kaos, souvenir, dan segala sesuatunya yang bertema dua superhero itu ada. Kalau kamu penggemar Batman dan Superman, wajib datang ke sini. Kamu bisa puas membeli apa saja. Dan pastinya kalau punya isi dompet yang tebal. Karena harganya yang relatif mahal itu, kami hanya lagi-lagi cuma melihat sambil ngiler. Juga sakit hati karena harganya. Lol

Toko Super Heroes

Dari toko superhero itu, kami mencari foodcourt untuk makan siang. Di kawasan wisata ini banyak restoran dan kafe, tetapi kami mencari foodcourt. Kata orang lokal yang kami, tidak ada foodcourt. Adanya foodshop. Ternyata sama saja. Sama-sama menyediakan beragam makanan di stal-stal dan harganya lebih murah. Ada juga stal makanan ala prasmanan. Tapi kami memilih ala carte.

Saya hanya memesan sirup hangat karena masih kenyang, teman lainnya memesan sup, nasi ayam lada hitam dan minuman air lemon. Ketika minumannya datang, benar-benar sesuai namanya. Saya pikir sirupnya itu berupa sirup orange yang sudah kekinian. Ternyata sirup merah tempo dulu. Trus minuman air lemon, benar-benar air trus diberi potongan lemon. Kami pun tertawa melihatnya.

Usai makan siang, kami menyelesaikan jalan-jalan singkat itu. Mobil jemputan kami datang dan membawa ke Educity Sport Complex untuk menghadiri acara penutupan EduCity One Shot Fitness Challenge. Meski sudah hari terakhir, ternyata eventnya menarik juga. Kami masih sempat menyaksikan pria-pria super dan wanita super mengikuti kompetisi olah raga ekstrim itu.***

(236)

21 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.