Wisata Belanja di Techworld Berjaya Waterfront Mall

Orang Indonesia senang belanja kalau jalan-jalan ke luar negeri. Apalagi kalau melihat harganya lebih murah, kadang kalap. Nah, di Johor Baru, Malaysia, ada tempat belanja baru khusus elektronik, gadget, handphone dan aksesorinya. Sasarannya, warga Indonesia yang datang ke Malaysia lewat Johor Baru. Sebab, setiap tahunnya sedikitnya 600 ribu orang Indonesia dari Batam melalui pintu ini.

Akhir pekan lalu, Berjaya Waterfront Sdn Bhd, Johor, pengelola Berjaya Waterfront Mall mengundang blogger dan media dari Batam untuk menyaksikan peluncuran pusat belanja itu. Namanya Techworld. Ini adalah pusat penjualan elektronik, handphone dan aksesorinya, di kawasan terpadu dan pintu masuk di ujung selatan Malaysia.

Suasana di Techworld

Pagi-pagi, kami berangkat dari Pelabuhan Harbourbay, Batuampar. Ada enam orang. Kami menumpang kapal Oceanna 175 yang masih baru. Rute Harbourbay – Stulang Laut, Johor, ini juga baru. Kapalnya berbahan aluminium dan kapasitasnya 433 orang. Jadi ini kapal yang besar dan diklaim aman karena berbahan aluminium. Kami ditunjukkan fasilitas VIP yang berada di dek atas. Ada ruang karaoke dan ruang tidur.

Perjalanan dari Harbourbay ke Stulang Laut ditempuh kurang lebih dua jam. Kami tiba di pelabuhan yang berada dalam kawasan terpadu. Selain pelabuhan, ada mall, tempat hiburan, dan hotel. Dulu namanya The Zone. Tapi sudah diambil alih oleh Berjaya Waterfront Sdn Bhd. Mereka lah yang kini mengelola Berjaya Waterfront Ferries and Mall. Pelabuhannya langsung terhubung ke mall, bahkan hotelnya.

Saat tiba, acara peluncuran Techworld langsung dimulai. Director of Berjaya Waterfront Sdn Bhd, Avinderjit Singh yang meluncurkan Tecworld di lantai satu mall. Hadir Konsul Jenderal RI Johor Baru, Haris Nugroho, KonsulJenderal Singapura untuk Johor, Rajpal Singh, dan President of Johor Bahru Tionghua Assocation, Datuk Seri Tey Kim Chai.

Salah satu toko bebas cukai di Techworld
Toko handphone Oppo

Sejak pagi, mall itu ramai. Pengunjung rela antre untuk mendapatkan kupon potongan 50 persen untuk pembelian handphone. Bayangkan, handphone Samsung S9, bisa dibeli hanya setengah harga dengan kupon itu. Jadi antrean mengular sebelum acara dimulai. Tapi pada hari-hari biasa pun, harga elektronik, laptop, handphone dan aksesorinya di Techworld lebih murah di banding di tempat lainnya.

Misalnya handphone Samsung S9 + 256 GB dijual RM 4.999, Samsung S9 + 64 GB dibanderol RM 3.799. Itu harga sebelum diskon. Kalau mau handphone yang lebih murah, ada Vivo V7 mulai harga RM 999 hingga RM 1.399. Handphone Xiaomi yang terkenal murah itu juga ada. Bahkan di mall inilah toko khusus Xiaomi pertama di bagian selatan Malaysia.

Kata Senior GM of Berjaya Waterfront Sdn Bhd, Tan Yew Chuan, usai peluncuran, harga elektronik dan handphone ini lebih murah karena berada di kawasan bebas cukai atau duty free zone. Jadi produk-produk di Techworld ini bebas GST. Harganya diklaim lebih murah sepuluh persen dari harga di Batam.

Toko laptop
De Paradise

Techworld menempati level 2 mall dengan jumlah toko atau gerai sebanyak 25 unit. Toko-toko itu menyediakan elektronik dan handphone merk lokal dan internasional. Sebut saja Samsung, Vivo, Oppo, Huawei, Apple, Honor, HP, Lenovo, Acer, Sony, dan MSI. Techworld juga menjadi rumah bagi Xiaomi concept store pertama di bagian selatan.

Selain, barang elektronik, gadget, handphone dan aksesorinya, di Berjaya Waterfront Mall juga ada toko-toko cokelat, minuman beralkohol, dan parfume. Semua itu bebas cukai. Letaknya berada di lantai satu Berjaya Waterfront Mall. Karena berada di pintu masuk Malaysia bagian selatan, Techworld menyasar wisatawan asal Batam yang banyak melalui pintu ini.

Kami menjelajahi toko-toko itu sebelum kembali ke Batam. Bahkan ke club, pub, dan tempat hiburan yang masih berada dalam kawasan itu. Sayangnya belum buka karena masih sore. Tempat hiburan itu baru buka mulai jam 6 sore. Jadi kami hanya berfoto-foto di depan pub dan club. Satu jam kemudian kami kembali ke Batam.***

(283)

26 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.