Taman Bungkul, Taman Wisata di Tengah Kota Surabaya

Taman Bungkul (foto:yukpiknik)

Surabaya memang tak punya objek wisata alam. Namun seperti kota metropolis lainnya, kota ini memiliki tempat yang asyik untuk disinggahi pada akhir pekan. Di Kota Pahlawan ini, kamu tidak hanya akan menemukan kesibukan kota metropolis, tetapi juga akan menemukan taman wisata menarik yang terletak persis di tengah kota.

Salah satu taman wisata yang layak dikunjungi adalah Taman Bungkul. Mungkin bagi kamu yang tinggal di Kota Surabaya dan sekitarnya, nama Taman Bungkul sudah tak asing lagi di telinga. Namun, kalau kamu memang belum tahu, fakta-fakta tentang Taman Bungkul di bawah ini pasti akan membuatmu tergoda untuk segera pergi ke sana.

Taman Bungkul terletak di pusat Kota Surabaya. Hanya sekitar satu kilometer dari Kebun Binatang Surabaya atau KBS. Tepatnya di Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Taman Bungkul sangat istimewa karena pernah dinobatkan sebagai taman terbaik di dunia oleh PBB. Nah, Kalau kamu tinggal di luar Kota Surabaya dan pengen jalan-jalan ke sana kamu harus rajin mengecek tiket pesawat murah baik online maupun offline.

Area Parkir Taman Bungkul (foto:lihat.co.id)

Masuk ke Taman Bungkul ini tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis! Kamu cuma perlu membayar biaya parkir dengan kisaran harga Rp 1000 hingga Rp 5000 saja. Taman Bungkul dibangun dengan konsep Sport, Education and Entertainment. Jadi, tak heran kalau di Taman Bungkul kamu akan menemukan pengunjung yang sibuk berolahraga, mengadakan berbagai even komunitas, maupun sekadar mengobrol atau membaca buku.

Kalau kamu seorang pecinta olahraga, Taman Bungkul tentu bisa memuaskan hobimu ini. Sebab Taman Bungkul memiliki arena skateboard, BMX track, dan jogging track. Seluruh fasilitas ini dapat kamu manfaatkan secara gratis untuk mengolah fisikmu, sekaligus membakar kalori sambil bersenang-senang.

Selain menarik untuk disinggahi oleh para pecinta olahraga, Taman Bungkul juga merupakan ruang terbuka untuk mencari inspirasi dan wawasan baru. Kamu tinggal membekali diri dengan smartphone maupun laptop, kemudian kamu bisa langsung menikmati layanan WiFi gratis yang melimpah dari Taman Bungkul.

Berbagai fasilitas lengkap dan gratis memang tersedia di Taman Bungkul. Namun, bukan taman namanya kalau belum memiliki berbagai bunga dan tumbuhan hijau yang menyegarkan mata. Taman Bungkul memiliki spot Green Park yang akan membuat kamu betah duduk di sini sambil memandangi hijaunya daun, bunga yang bermekaran dan air mancur.

Bunga bermekaran di Taman Bungkul (foto:rizallnovantrara)

Taman Bungkul juga menyediakan keran air minum yang gratis. Boleh diteguk oleh siapa saja yang mengunjunginya lho! Jadi kalau kamu baru selesai olahraga, kehausan dan kebetulan tak membawa dompet, kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk menyegarkan dahagamu.

Hemat dan seru. Kamu pun bisa mengalokasikan budget tiketmu untuk membeli jajanan dan minuman yang banyak di jual di Taman Bungkul. Tapi kamu jangan membayangkan kalau para pedagang makanan ini akan menggelar lapaknya di sembarang tempat ya! Pihak pengelola Taman Bungkul nyatanya sudah menyiapkan area khusus PKL yang rapi dan terintegrasi di area taman.

Selain itu, kamu juga berwisata ziarah di Taman Bungkul. Di taman ini terdapat makam Mbah Bungkul, salah seorang tokoh penyebar Agama Islam di Kota Surabaya pada zaman Kerajaan Majapahit. Mbah Bungkul atau Sunan Bungkul sebenarnya nama panggilan Ki Supo atau Ki Ageng Bungkul. Makamnya terletak di bagian belakang taman. Dari sinilah nama Taman Bungkul berasal.

Bagaimana? Masih adakah alasan untuk tidak wisata ke Taman Bungkul akhir pekan ini? Jadi, segera kemasi barang bawaanmu dan ayo berlibur ke Taman Bungkul!

 

(40)

10 Komentar

    • Itu yang menarik kalo mengunjungi kota-kota besar lainnya di dunia. Apalagi taman di surabaya ini udah meraih penghargaan dunia, jadi pasti sama lah kecenya dengan taman2 di negara lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*