Tips Merawat Jok Mobil agar Tidak Bau dan Bernoda

Akhir tahun lalu, saya jalan-jalan bersama teman dari Barcelona ke Andorra dan sebaliknya. Barcelona pastinya sudah pada tahu dong! Salah satu kota besar di Spanyol. Kalau Andorra mungkin banyak yang belum tahu. Andorra ini negara kecil yang berada di antara kepungan Prancis dan Spanyol.

Karena Andorra relatif dekat dari Barcelona, kami naik mobil pribadi. Perjalanan darat dengan mobil bisa ditempuh 3-4 jam saja. Berangkatnya pagi-pagi banget supaya bisa tiba di Andorra sekitar pukul 10. Saya membawa bekal makanan dan minuman buat sarapan di mobil.

Perjalanannya seru. Pemandangannya bikin mata melek. Apalagi saat melihat pegunungan Pyrenees yang tertutup salju. Sambil melihat setiap pemandangan yang dilalui, kami makan bekal yang tadi sudah dipersiapkan. Sampai tak terasa kami sudah sampai di Andorra.

Begitu juga saat kembali, persediaan makanan segala macam. Kami berangkat menjelang tengah hari, jadi makanan dan minuman disediakan untuk makan siang. Rupanya selama perjalanan dan makan di mobil, ada sisa-sisa makanan dan minuman yang tumpah.

Tetapi tidak ketahuan karena mobil tidak langsung dibersihkan. Maklum lagi menjelang musim dingin. Malas tuk bersih-bersih. Sampai beberapa hari kemudian tercium bau yang kurang sedap. Begitu juga waktu pulang traveling di Bandung, kebiasaan itu terulang.

Tau sendiri dong, mobil jadi berbau tak sedap. Bau tidak enak ini jadi satu masalah yang seringkali dihadapi oleh para pemilik mobil dan juga penumpangnya. Bau yang menyengat bisa membuat kita merasa tak nyaman selama berada di dalam kabin kendaraan, apalagi jika harus berlama-lama.

Nah sekarang ada solusianya. Apalagi merawat dan menghilangkan bau dari jok mobil sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Dengan biaya yang ringan sekalipun, kita bisa menghilangkan bau tak sedap tersebut.

Apa saja sih penyebab bau menyengat pada mobil?
Aroma tidak enak yang keluar dari mobil biasanya berasal dari jok kulit yang sering terkena keringat, sisa-sisa makanan yang membusuk dan basi, bau bensin, hingga karpet yang tidak segera dikeringkan setelah basah karena alas kaki yang membawa air hujan atau tanah becek.

Untuk menghilangkan bau pada mobil, kita harus menemukan terlebih dahulu sumbernya, kemudian dibersihkan. Setelah itu, kita tidak hanya menghilangkan sumber bau saja melainkan harus juga menghilangkan bau yang tertinggal di dalam mobil.

Berikut beberapa langkah menghilangkan bau di jok mobil yang bisa kamu coba.

Gunakan pembersih yang mengandung pelembab dan berbentuk pasta. Jika jok mobil menggunakan bahan kulit, cara paling mudah untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan pembersih berbentuk pasta. Sebaliknya, hindari pembersih bahan cair yang dapat menyebabkan kulit menjadi rusak dan berjamur.

Pembersih berbentuk pasta yang mengandung pelembab adalah pilihan terbaik karena pembersih jenis ini bisa melindungi kulit dari pecah-pecah atau retak-retak.

Gunakan kain yang lembut untuk mengaplikasikan pembersih.

Hindari menggunakan kain yang kasar jika yang dibersihkan adalah jok kulit. Pilihlah kain yang lembut seperti kain microfiber untuk membersihkan jok apabila bernoda. Jika ingin hasil yang lebih aman, kamu bisa memilih leather coating yang bisa kamu beli di toko online dengan mengunjungi halaman kategori spare part mobil

Tips merawat jok mobil agar tidak bau dan bernoda

Buka semua kaca mobil
Setelah noda dan sumber bau dibersihkan, selanjutnya hilangkan aroma dari dalam mobil dengan membuka semua kaca jendela terlebih dahulu di tempat yang teduh dan berangin, agar sirkulasi udara lancar. Proses ini biasanya membutuhkan waktu yang lumayan panjang, tidak hanya sekedar 1-2 jam saja.

Untuk menghilangkan bau di dalam mobil, kamu bisa membuka seluruh kaca atau sedikit saja lalu kemudian dibiarkan semalaman. Tapi ingat, seperti pesan saya di atas. Lakukan di tempat yang teduh seperti di garasi agar mobil terhindar dari hujan.

Gunakan biji kopi untuk menetralkan bau
Kadangkala bau tak sedap dari jok mobil atau mungkin udara di dalam kabin yang masih mengendap bisa dinetralisir dengan menggunakan aroma kopi. Kamu bisa mencari biji kopi yang sudah disangrai lalu letakkan di wadah yang terbuka. Kemudian diamkan hingga aroma di dalam mobil tidak lagi berbau menyengat.

Gunakan pengharum aromaterapi
Ada banyak pengharum jok kulit atau karpet serta sofa yang bisa kamu beli di toko online. Salah satu tempat mencarinya adalah dengan mendatangi kategori spare part mobil seperti yang lainnya telah diberikan di bagian atas.

Ganti sarung jok yang lama dengan yang baru
Jika jok sudah tampak Usang dan kotor serta sulit untuk dibersihkan atau mungkin saat ini sudah mulai rusak sehingga tidak sedap untuk dipandang, kamu bisa menggantinya dengan yang baru atau membelikannya sarung jok.

Toko online adalah salah satu tempat yang saya sarankan jika kamu ingin mencari rupa-rupa jok. Termasuk sarung jok untuk Innova, Xenia, Avanza, Expander, Fred, Terios, BR-V, Livina Suzuki Swift, Jazz, dan lain-lain. Salah satu pilihan toko online yang lengkap menyediakan macam-macam jok mobil maupun sarungnya adalah online shop Bukalapak yang link-nya telah diberikan di bagian atas.***

(478)

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.