Transportasi dari Pelabuhan Stulang Laut ke JB Sentral

Berjaya Waterfront

Transportasi dari Pelabuhan Stulang Laut ke JB Sentral. Sering ke Johor Baru, Malaysia membuat saya jadi hapal transportasi dari Pelabuhan Stulang Laut ke JB Sentral . Pelabuhan Stulang Laut di Johor Baru ini adalah pelabuhan utama untuk rute Batam-Johor dan sebaliknya atau Tanjungpinang-Johor.

Sementara JB Sentral terminal dalam kota untuk rute di wilayah Johor. Jadi jangan salah karena ada terminal lainnya, Larkin Sentral yang khusus untuk bus antar kota di semenanjung Malaysia. Jika mau ke Kualalumpur dan kota lainnya, dari Larkin Sentral naik busnya.

Saya sudah beberapa kali melalui Pelabuhan Stulang Laut jika ke Malaysia. Entah hanya di Johor atau ke Kualalumpur. Dari Batam sendiri, bisa berangkat dari Pelabuhan Feri Batam Centre atau dari Harbourbay Batuampar menuju Pelabuhan Stulang Laut.

Perjalanan hampir dua jam. Setiba di Pelabuhan Stulang Laut tentunya harus melalui imigrasi dulu. Pastikan tujuannya ke Malaysia, apakah liburan atau kerja. Pastikan mau ke mana di Malaysia dan di mana menginap supaya tidak kaget dan gelagapan saat ditanya petugas imigrasi.

Kelar di imigrasi, kita bisa lanjutkan ke ruang kedatangan dan ke jalan raya mencari transportasi untuk ke pusat kota. Pelabuhan Stulang Laut ini tidak terlalu rumit meski bangunannya cukup besar dan bergandengan dengan Berjaya Waterfront Hotel.

Nah, setelah keluar dari Pelabuhan Stulang Laut dan sampai di jalan raya bisa mencari transportasi sesuai kantong dan keinginan. Ada dua pilihan transportasi utama. Taksi atau bus. Saat di depan Pelabuhan Stulang Laut, pasti melihat taksi yang sedang menunggu penumpang.

Bagi yang membawa banyak barang bawaan, sebaiknya mengambil taksi di depan pelabuhan ini. Tetapi pastikan dulu harganya sebelum naik. Bisa tawar menawar. Jika ingin lebih murah, jalan sedikit ke halte The Zone setelah melewati area parkir mobil di tepi laut.

Transportasi dari Pelabuhan Stulang Laut ke JB Sentral
Bus T 21

Di halte ini bisa menunggu taksi lainnya atau pesan Grab. Biasanya taksi yang lewat akan berhenti di depan halte jika melihat calon penumpang. Coba tawar menawar setelah menyebutkan tujuan. Jika ke JB Sentral paling tidak 10 Ringgit saja untuk satu taksi.

Jika ingin menghemat atau isi kantong kurang, pilihan lainnya adalah bus. Bus yang melalui rute Pelabuhan Stulang Laut ke JB Sentral ini bus T21. Begitu juga kalau sebaliknya dari JB Sentral ke Pelabuhan Stulang Laut juga naik bus T21 ini.

Hanya saja jika memilih bus, pastikan tidak terburu-buru dan mengejar waktu. Karena jadwal bus ini per jam. Terkadang kita sampai di halte saat bus baru saja berangkat sehingga harus menunggu hampir satu jam.

Kalau tiba misalnya pukul 9.30 atau 14.30 itu lebih mending. Waktu menunggu bus hanya sekitar 30 menit. Bus T21 bukan bus besar seperti bus gratis untuk warga Malaysia. Jangan coba-coba naik bus besar ini karena pastinya ditolak. Bus ke JB Sentral lebih kecil. Seperti metromini.

Bus T21 akan berhenti di halte mengambil penumpang. Langsung saja naik bus dan bayar tunai. Tarifnya 1,30 Ringgit. Murah banget kan! Siapkan uang yang pas karena uang dimasukkan ke dalam kotak. Kalau lebih, sopir tidak menyiapkan kembalian.

Perjalanan dari Pelabuhan Stulang Laut ke JB Sentral relatif tidak begitu lama. Sekitar 10 menit saja kalau tidak ada kemacetan. Bahkan tidak terasa sudah sampai di JB Sentral. Selamat mencoba! (*)

 

 

 

(90)

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.